Alasan Kongres Umat Islam Indonesia VI Dilaksanakan di Yogyakarta

din

Syamorganizer.com – Yogyakarta- Hari ini, Senin (9/2/15) Kongres Umat Islam Indonesia VI di Yogyakarya resmi dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Kongres yang rencananya akan dilaksanakan sampai hari Rabu (11/02/15) ini mengangkat tema “Penguatan Peran Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya Umat Islam untuk Indonesia yang Berkeadilan dan Berperadaban”

Dalam pidato sambutannya, Ketua Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi Kongres Umat Islam VI tak lepas dari nilai historis Kongres II yang dinilai paling monumental. “Karena pernah menjadi tuan rumah kongres yang monumental pada 1945,” demikian jelasnya.

Ia mengatakan ada dua kongres yang dinilai paling monumental, yang pertama dan kedua. Kongres pertama berlangsung pada 1938 dan mengukuhkan Majelis Islam A’la Indonesia. Majelis itu merupakan lembaga payung bagi organisasi-organisasi Islam di Indonesia kala itu.

Adapun kongres kedua, berlangsung di Yogyakarta pada 1945, menghasilkan putusan yang monumental juga. Peserta kongres memutuskan membentuk Majelis Syuro Muslimin Indonesia, partai tunggal Islam di Indonesia. Pada pemilihan umum 1955, partai ini merupakan salah satu peraup suara terbesar.

Sepanjang pemerintahan Orde Baru, kongres tak berlangsung. Hingga pasca-Reformasi, kongres ketiga digelar pada 1998. Adapun kongres keempat berlangsung pada 2005. “Maka kali ini, ke Yogya kita kembali,” katanya di depan peserta kongres.

Maka dari Kongres VI di Yogyakarta kali ini, ia berharap, bisa menghasilkan dokumen sejarah baru laiknya kedua kongres paling monumental, pada 1939 dan 1945. “Apa pun namanya,” katanya. Saat ini, ia melanjutkan, sejumlah usulan nama untuk dokumen itu telah muncul. Dua di antaranya Komitmen Yogyakarta dan Deklarasi Yogyakarta. Yang penting, dokumen baru itu menegaskan bahwa negara Indonesia adalah buah dari jihad umat Islam.

(Ar70/ Anang Zakaria tempo.co

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*