Aleppo Kembali Diblokade, Ratusan Ribu Warga Terancam

78e4c9d3-0d2a-411e-85f8-5ea6af072270

Suasana lengang pasar Aleppo akibat blokade Rezim. Sumber: AMC

Aleppo, syamorganizer.com – Terputusnya seluruh jalur logistik sejak Rabu, (27/7/2016) lalu terus menambah beban penderitaan warga Aleppo Suriah di tengah gempuran Rezim Bashar Ashad dan sekutunya Rusia. Jalur logistik yang sebelumnya dikuasai tentara oposisi kini direbut kembali oleh rezim.

Mengutip situs huffpostarabi.com, kiblat.net melaporkan bahwa situasi di Aleppo saat ini kian memburuk menyusul serangan besar-besaran tentara rezim merebut jalan Alcalesto sejak 11 Juli lalu.

“Pasukan rezim mengontrol seluruh jalur logistik, termasuk jalur militer (di Aleppo Utara), termasuk jalan Alcalesto dan Al-Khalidiyah. Sementara jalan Asy-Syabani sebagai jalur alternatif dikontrol Kurdi pagi ini,” kata wartawan Aleppo, Muhammad Asy-Syafi’i, kepada Huffington Post Arabi, Rabu.

Syafi’i menjelaskan, militer Suriah merebut jalur-jalur penting itu dengan bantuan milisi-milisi sekutunya, termasuk Hizbullah Lebanon. Dia menegaskan, seluruh kampung di wilayah Aleppo Utara saat ini hidup dalam kondisi terblokade dari berbagai arah.

Seorang jurnalis di Aleppo Utara, Firas Badawi juga melaporkan, barang kebutuhan pokok sudah tidak ada lagi di pasar. Jikalau ada, harganya sangat mahal. Warga hanya dapat menikmati listrik empat jam sehari karena bahan bakar untuk pembangkit listrik mulai menipis.

Menurut perkirakaan PBB, saat ini sebanyak 250 hingga 300 ribu warga tinggal di Aleppo Utara. Jika blokade itu tak dihentikan, nyawa ratusan ribu warga itu terancam.

Rep/Ed.: Irfan K

Sumber : kiblat.net

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*