Aqidah, Ikatan Terkuat Persaudaraan Umat Islam

15

Sulteng, Syamorgnanizer.com – Tabligh Akbar Syam Organizer dengan tema Palestina-Suriah Doaku Untukmu digelar di Masjid Darul Arqam Muhammadiyah Kampung Lere, pada Ahad (10/04/2016). Kegiatan yang dimoderatori oleh Muchtar Ibnu Mas’ud (Ketua BKPRMI Sulawesi Tengah) ini menghadirkan dua narasumber, Ustadz Ali Firdausy (Dai Majelis Dakwah Indonesia) dan Ustadz Muh. Djaiz, S.Ag. (Tokoh Muhammadiyyah).

Pemateri pertama Ust. Ali Firdaus menjelaskan bagaimana hubungan seorang muslim dengan muslim lainnya walaupun tidak satu rahim. Karena ikatan terkuat yang menjadikan seorang muslim yang satu dengan muslim yang lain bersaudara adalah hubungan yang diikat oleh Aqidah. Sebagaimana firman Allah,”Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”, (QS. Al-Hujurat: Ayat 10]

Ust. Ali juga menggambarkan kondisi Palestina dan Suriah. Dijelaskannya pula bahwa membantu kaum muslimin di Palestina dan Suriah merupakan bagian dari jihad, yakni jihad dengan harta. Karena selain dengan jiwa jihad dapat dilakukan seseorang dengan hartanya.

Di akhir materinya Ust. Ali Firdaus juga menyeru kepada umat Islam agar selalu mendoakan kaum muslimin di Palestina dan Suriah. Mereka yang berada di Bumi Syam membutuhkan doa dan harta dari kaum muslimin.

Pada kesempatan kedua, Ust. Muh. Djaiz menjelaskan bagaimana orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak akan pernah senang kepada ummat Islam seperti dalam QS Al Baqarah 120. Tokoh Muhammadiyah Palu ini mengatakan bahwa jikalau di Palestina musuh Islam jelas adalah orang-orang Yahudi (Israel) maka di Suriah berbeda. Di Suriah yang melakukan tindakan tersebut adalah pimpinan Suriah sendiri yaitu Basar Assad yang memiliki pemikiran Syiah Nusyariah.

Ustadz Djaiz menyeru kepada kaum muslimin agar kita tidak lupa kepada saudara-saudara kita yang berada di Palestina dan Suriah.
“Doakan mereka di setiap sujud kita” ajaknya yang diikuti dengan ajakan untuk mendokan mereka dengan melakukan Qunut Nazilah.

Acara Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Syam Organizer ini bekerjasama dengan pengurus masjid Darul Arqam Muhammadiyah kampung Lere, Palu Barat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*