Bantuan Tahap 5 untuk Rohingya Disalurkan

bantuantahap5

Relawan kemanusiaan untuk Rohingya dari Syam Organizer (SO) dan One Ummah Solidarity (OUS) kembali menunaikan amanah ummat islam untuk kemanusiaan Rohingya. Ini merupakan bantuan tahap 5 yang dilaksanakan tim Syam Organizer. Dan bantuan kali ini digerakkan oleh relawan SO dari wilayah Riau.

Mengangkat tema “Tanda Cinta Muslim Riau untuk Muslim Rohingya”, 3 orang tim relawan Riau yakni Fathi, Pramo dan Yudha membawa bantuan berupa pakaian layak pakai dan berbagai kebutuhan harian sejak 15/6/2015. Disambut langsung oleh korlap lapangan Ustadz Julianto dan Ustadz Dede Nurjannata selaku pimpinan, relawan Riau dibreafing dahulu sebelum bergerak mengunjugi pengungsi Rohingya.

“Bantuan yang datang mesti kita salurkan sebagaimana mestinya, dan mesti ada konfirmasi ke dinsos bahwa kita dari SO akan masuk membawa bantuan, biasanya 1 jam sebelum bergerak kita telepon” Ujar Ustadz Dede.

Selain itu, bantuan yang disalurkan pun mesti sesuai dengan kebutuhan lapangan, misal pakaian yang sudah sangat menumpuk tak lagi menjadi prioritas utama.

“Disana pakaian udah menggunung, kalau bisa yang terpenting seperti kebutuhan harian” Ungkap Ustadz Julianto diamini relawan lokal lainnya.

iringanbantuantahap5

Tepat pukul 07:00 WIB relawan bergerak menuju Kuala Simpang, titik pengungsi Rohingya yang pertama. Bantuan sembako dan keperluan hari disalurkan berupa telur, pasta gigi, odol, keripik, minyak rambut, tali pinggang, kentang, kol, cabe, bawang, dan lain – lain.

Setelah serah terima bantuan dengan pengungsi dan laporan ke staff dinsos setempat, relawan melanjutkan perjalanan menuju Kuala Langsa dan berakhir di Bireum Bayeun untuk mengantarkan bantuan yang sama.

 

(Laporan : Fathi Asy Syami, Aceh)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*