Buka Bersama Bubur India Bareng Imam Palestina di Masjid Pekojan Semarang

pekojanoke

Semarang, Syamorganizer.com — Masjid Pekojan merupakan salah satu masjid tertua di kota Semarang. Masjid yang berusia lebih dari 200 tahun ini mempunyai banyak peninggalan tradisi. Salah satu tradisi yang masih dijaga saat ramadhan adalah buka bersama dengan menu khusus yaitu Bubur India.

Kenapa bubur india ? Karena masjid ini merupakan masjid peninggalan dari orang Khoja / Gujarat dari India, dan letak masjid ini pun berada di daerah pemukiman warga keturunan muslim India.

Ramadhan kali ini di Masjid Pekojan tambah terasa spesial bukan hanya karena Bubur India tetapi juga karena pada jum’at 26/6/2015 lalu kedatangan tamu agung dari Bumi Palestina yaitu Syaikh Abdul Monem Aly Hasanain dalam acara Safari Ramadhan bersama Imam Palestina dimotori oleh Syam Organizer (SO) dan One Ummah Solidarity (OUS).

Syaikh asal Palestina ini juga menjadi pengisi tausyiah sebelum buka puasa di Masjid Pekojan. Dalam tausiyahnya Syaikh menegaskan bahwa sesama Muslim itu bersaudara tak memandang suku, bangsa, harta maupun tahta.

Tausiyah pun berlangsung hikmat, terhitung sekitar 250an jamaah memadati Masjid saat Syaikh menyampaikan tausiyahnya.

Dan tak terasa suara sirine yang menandakan waktu Maghrib pun terdengar. Waktunya buka puasa tiba, tak terkecuali bagi Syaikh Abdul Monem Aly Hasanain, yang kali ini berkesempatan untuk mencicipi gurihnya bubur India yang merupakan menu khas Masjid Pekojan. Syaikh pun berucap “mantap” saat mengomentari kelezatan bubur india

pekojan2(Rep: Sarfaraz Ibrahim, Semarang)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*