Bumi Syam, Merealisasikan Hakikat Ukhuwah Islamiyyah

Syam0rganizer.com – Sesungguhnya persaudaraan yang dijalin bukan dengan landasan karena Allah, pelakunya akan selalu kecewa. Kecewa karena suatu saat persaudaraan itu akan cerai berai, mungkin karena perbedaan jumlah kekayaan, jabatan atau berbagi serpihan dunia yang lain. Sebaliknya persaudaraan yang di jalin dengan dasar iman kepada Allah, dengan dasar aqidah, sungguh hal itu akan mengekalkan persaudaraan tersebut, bukan hanya di dunia namun hingga besok ke negeri akhirat.

Hal tersebut sangat kami rasakan dan kami dengar sendiri dari salah seorang syaikh yang sempat kami kunjungi kemarin, sabtu (19/10/2013)

Setelah syeikh hafidzohullah tersebut menyambut kedatangan kami dengan sambutan yang luar biasa hangatnya, bahkan kami sempat dijamu dengan hidangan yang beliau masak sendiri, beliaupun memberi nasihat kepada kami.

Di sela sela nasihatnya syeikh tersebut mengatakan,

“Betapa banyak orang-orang Suriah meninggalkan negerinya menuju Turki, Mesir, Italy dan sebagainya demi kehidupan dunia. Namun, kalian, Umat Islam Indonesia yang jaraknya ribuan kilo dari kami, justru rela memerhatikan kami dengan bantuan yang kalian antar sendiri ke negeri kami”

Ini adalah ungkapan hati yang ke sekian kali dari mereka, orang-orang Suriah, sebagai apresiasi atas empati muslimin Indonesia. Bahkan dr. Muhammad  juga menceritakan bahwa ia memiliki saudara yang bekerja di pemerintahan Bashar. Beliau merasa malu jika melihat kami yang bukan saudaranya justru datang ke Suriah dibandingkan saudaranya. 

“Demi Allah”, katanya. “Ia sudah tidak  kuanggap sebagai saudara lagi, kalianlah saudara-saudara kami sesungguhnya” Ungkapnya tulus.

Allahu Akbar, haru kami mendengar ungkapan tersebut. Semua nasihat dan ungkapan dari mereka mengingatkan kita pada firman Allah QS. Al Anfal: 73, yang artinya,
“Adapun orang-orang yang kafir sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai kaum muslimin) tidak melakukan apa yang telah diperintahkan Allah itu (yakni menjalin ukhuwah islamiyyah), niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi (pembantaian terhadap kaum muslimin) dan kerusakan yang besar (pembunuhan terhadap kaum muslimin)”.

Wallahu a’lam
Rep.: Relawan Syam Organizer
Red.: AR70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*