Catatan Relawan # 19: Pengobatan Gratis dan Bantuan Obat-obatan

Syamorganizer.com – Hari Ahad, 3 November 2013, tim relawan Syam Organizer dan Hilal Ahmar Society Indonesia mengagendakan kegiatan Mobile Clinic. Pelayanan kesehatan keliling kali  ini memilih tempat di Madrasah Hambusyiyah, gedung sekolah yang dialihfungsikan menjadi penampungan para pengungsi. Ini adalah kali ketiga kunjungan tim relawan Syam Organzer 2 dan HASI 9 di penampungan ini.

Sebelum berangkat, dr. Abu Sholih dan perawat Abu Aini memeriksa ulang peralatan dan obat-obatan yang sudah disiapkan pihak Masyfa Salma. Setelah dinilai cukup, tim relawan yang selalu didampingi dr. Romi bergerak menuju Hambusyiyah. Dalam perjalanan seperti biasa, mobil tim relawan banyak berhenti atau lebih tepatnya dihentikan karena dr. Romi bertemu dengan orang yang membutuhkannya. Tak jarang dr. Romi memeriksa pasien yang berkonsultasi di pinggir jalan. Beiau selalu melayaninya dengan sabar. Subhanallah.
Mobil juga sempat berhenti di sebuah toko untuk membeli kue dan minuman kemasan yang akan dibagikan kepada anak-anak di pengungsian setelah pengobatan.
Tim relawan tiba di Madrasah Hambusyiyah pukul 13.35 waktu setempat. Tim relawan turun dari dan membawa 2 kardus besar obat-obatan menuju salah satu ruang yang disiapkan untuk pemeriksaan. Para bapak, ibu, dan anak-anak mengiringi tim. Mereka ramai mengelilingi tim medis menunggu giliran diperiksa. Pasien anak-anak dipanggil lebih dulu. dr. Romi dan dr.Abu Sholih memeriksa satu persatu dengan telaten. Sesekali dr. Romi yang memang dokter spesialis anak ini bercanda, menghibur dan menghilangkan ketakutan anak-anak yang diperiksa terbuka di depan orang banyak. Ibu yang menemani anaknya juga langsung  berkonsultasi dan mendapat pengobatan. Abu Aini sang perawat, dengan cekatan memberi obat-obatan sesuai resep dari dr. Abu Sholih dan dr. Romi. Sebagian besar mereka terserang demam,flu, dan batuk. Ada juga yang mengalami peradangan usus dan tidak bisa berjalan, hingga dr. Abu Sholih harus menemuinya di ruangan lain.

Alhamdulillah pengobatan massal berakhir setelah tim medis melayani 27 pasien. Setelah itu anak-anak berbaris di halaman. Mereka sangat senang menerima kue jajanan dan minuman kemasan yang dibagikan relawan Syam Organizer;  Abu Zahidah dan Abu Yazid. Maklumlah, mereka jarang sekali jajan. Setelah menyelesaikan agenda di Hambusyiyah, tim relawan melanjutkan perjalanan menuju Ainul Baydho’. Di sana ada rumah sakit yang sudah lama menjalin kerja sama dengan rumah sakit lapangan Salma. Kunjungan ini selain untuk silaturohim, dr. Romi juga ingin meninjau persediaan obat-obatan di sana. Benar saja, para dokter di masyfa Ainul Baydho menuturkan kekurangan banyak obat karena membludaknya jumlah pasien setelah rumah sakit MSF di Barnas tidak beroperasi lagi. dr. Romi pun langsung mempersilakan dr. Yusuf mengambil obat-obatan yang dibutuhkan di gudang obat milik masyfa Salma. 

Alhamdulillah semoga perjalanan hari ini memberi banyak manfaat untuk kaum muslimin di Syam.
Rep: Syam Organizer
Red: AR70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*