Closed Order, Tunggu Bro, Lagi Sholat

gbr. ilustrasi

gbr. ilustrasi

Jum’at adalah hari istimewa bagi Ummat Islam, dan waktu sholat adalah waktu yang membuat setiap Muslimin dekat dengan Rabbnya. Tanpa Sengaja, setelah seharian berpetualang bersama adik saya menyusuri beberapa tempat wisata di kota Malang, kami singgah sejenak di tempat ini karena menyediakan es krim dan berbagai minuman dingin lainnya. Tidak seperti tempat-tempat nongkrong lainnya, di tempat ini tak satupun karyawannya wanita. Yup, semuanya manusia berjanggut! Dan hampir semuanya adalah mahasiswa dari salah satu universitas islam di Malang, menurut adik saya yang bertanya pada salah seorang karyawan.

Tapi yang tak kalah mengejutkan saya… Tiba waktu azan, semua karyawannya menunaikan sholat berjamaah, meninggalkan semua kegiatan meski ada pelanggan yang hendak meng-order setelah meminta maaf dengan memasang tulisan;

“CLOSED ORDER, Tunggu Bro, Lagi Sholat.”

Hahhahaa… pengunjung yang baru datang sampe bingung mau ngorder tapi kok ga ada orangnya! Akhirnya saya dan beberapa pengunjung mengambil insiatif mempersilahkan mereka duduk sambil bilang “Maaf Mbak, karyawannya lagi sholat semua”, reaksinya? yup, ada yang meninggalkan, dan ada yang tetap setia menunggu. Dan tahu apa kata pemiliknya setelah saya bertanya setelah sejenak mengkampanyekan Program # School4sham dari Syam Organizer untuk selamatkan pendidikan anak-anak Palestina dan Suriah?

“Rejeki punya Allah, biar Allah yang atur, kita jalankan saja perintahNya.”

Waduuuhhh… terharu saya! Benar-benar saya bersyukur Allah tuntun untuk berhenti  di sini. Mengambil hikmah dan pelajaran dari saudara-saudara saya di sini yang mencoba menjaga ketaatan tanpa mengesampingkan dunia. Semogalah makin banyak tempat jajan kayak gini yang tidak menyepelehkan panggilan Tuhannya di kala azan berkumandang. Barakallah brother, semogalah Allah menjaga rejeki yang halal dan barokah untuk kalian. (Vitra Marhum)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*