Dibutuhkan 27,4 juta US Dollar untuk Hadapi Musim Dingin di Suriah

Musim dingin yang menusuk akan segera mereka hadapi di tenda-tenda atau gubug-gubug berdinding rumput alang-alang

Musim dingin yang menusuk akan segera mereka hadapi di tenda-tenda atau gubug-gubug berdinding rumput alang-alang

Musim dingin yang akan segera tiba di Suriah membutuhkan penanganan dan perhatian yang besar dari semua kaum muslimin di dunia termasuk di Indonesia. UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees), badan yang bertanggung jawab dalam penanggulangan pengungsi menyebutkan bahwa dibutuhkan 27,4 juta US Dollar untuk membantu para pengungsi Suriah pada musim dingin 2014. Bersama dengan lembaga-lembaga kemanusiaan lokal, UNHCR hanya mampu mendistrubusikan bantuan untuk 50 % dari total jumlah populasi pengungsi. Sehingga keterlibatan dan dukungan dari lembaga-lembaga kemanusiaan internasional masih sangat diperlukan.

Syam Organizer, sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang menangani masalah kemanusiaan, khususnya di Bumi Syam mengajak kepada seluruh umat Islam khususnya di Indonesia untuk membantu umat Islam di Suriah, khususnya anak-anak dalam menghadapi musim dingin 2014. Program Save the Children of Syria mengajak kaum muslimin ikut peduli terhadap derita mereka.

Dengan gerakan 100 ribu untuk kaum muslimin di Suriah diharapakan bisa memancing rasa ukhuwwah islamiyyah kaum muslimin di Indonesia. Program itu tentu tidak berarti membatasi donasi yang akan dikeluarkan oleh umat Islam di Indonesia. Justru ini untuk menunjukkan betapa masih kecilnya uluran bantuan yang bisa kita berikan untuk kaum muslimin di Suriah. Gerakan ini juga bukan menegaskan bahwa kaum muslimin di Suriah yang butuh bantuan kita, bahkan sebenarnya kitalah yang membutuhkan mereka. Sebagaimana yang dikatakan oleh ust. Fadlan Garamatan, dai pedalaman Nuu Waar Irian Jaya saat menyampaikan testimoni Gerakan 100 ribu untuk Suriah dalam program #SaveTheChildrenOfSyria. Sebuah program kemanusiaan yang diusung oleh Syam Organizer untuk menghadapi musim dingin 2014 di Suriah.

ust

“Tidak ada artinya di genggaman tanganmu di dompetmu ada uang yang tersimpan rapi. Tapi jadikan itu menjadi tiket-tiket terbaik, jangan limapuluh ribu, jangan seratus ribu jika kamu mampu sebanyak-banyaknya. Jadikanlah yang terbaik, bukan untuk orang Suriah, bukan untuk anak-anak Suriah tapi untuk dirimu di hadapan Allah Subhanahu wa ta’ala. Angkatlah uang itu karena Allah. Ambillah zakat, infaq itu karena Allah dan Rasulullah. Engkau akan memenangkan pertarungan ini di hadapan Allah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*