Ifthar untuk Muslimin Palestina – Suriah

poster ifthar 1437 h

Ibarat bertanam, bulan puasa adalah bulan bertanam untuk mendapatkan panen yang berlimpah. Karenanya, seluruh umat Islam tidak mau meninggalkan kesempatan beribadah yang dimilikinya. Salah satu amalan yang akan mendatangkan pahala yang besar adalah memberi buka puasa.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Jangan berpikir bahwa memberi makan orang yang berpuasa Anda harus menyiapakan hidangan yang banyak dan mewah. Bagi Anda yang tidak mampu memberi makan yang banyak dan mewah, amalan ini pun dapat Anda lakukan dengan memberi sebiji kurma, atau secangkir teh manis. Bahkan jika itupun tidak mampu Anda lakukan, Anda dapat memberinya seteguk air putih.

Meskipun demikian, tidak dipungkiri menjamu orang yang sedang berbuka puasa dengan jamuan yang enak tentu lebih baik selama dikerjakan dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah SWT.

Beberapa keutamaan orang yang memberi buka puasa antara lain:

  • Mendapat pahala sebagaimana pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut. (Lihat hadits di atas)
  • Jika orang yang berbuka puasa mendoakan orang yang memberi makanan buka, sungguh doanya akan dikabulkan. Sebagaimama sabda Rasulullah SAW

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.”

  • Menjadikan rizki seakin barokah, apalagi jika yang berbuka berdoa sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku

Akan lebih baik lagi jika orang yang diberi santapan buka puasa adalah orang-orang shalih yang dapat mendoakan, karena harta terbaik adalah di sisi orang yang shalih.

يَا عَمْرُو نِعْمَ الْمَالُ الصَّالِحُ لِلْمَرْءِ الصَّالِحِ

“Wahai Amru, sebaik-baik harta adalah harta di tangan hamba yang Shalih.”

Jika dicermati keutamaan memberi buka puasa tersebut di atas, memberi buka puasa kepada kaum muslimin di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah adalah satu kesempatan yang sangat rugi jika ditinggalkan.

Karenanya, pada Ramadhan 1437 H ini Syam Organizer memberi kesempatan kepada kaum muslimin di Indonesia dan di mana saja berada untuk memberikan bantuan buka puasa kepada kaum muslimin di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah. Donasi dapat dikirimkan melalui rekening :

  • Utk donasi ifthar Palestina
    Bank Mandiri nomer rekening 1370011025976
    a.n Yayasan Amal Syam Abadi
  • Utk donasi ifthar Suriah
    Bank Syariah Mandiri, nomer rekening 7068692088
    a.n Yayasan Amal Syam Abadi
  • Konfirmasi transfer ke +62 878 3959 0200
    Dengan format : nama/asal kota/jumlah donasi/ifthar palestina/ifthar suriah/tanggal & jam transfer
    Contoh: usamah/Jogja/7.000.000/Suriah/11Mei/07.00wib

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*