Inilah Alasan Jerman Menerima Pengungsi

jermanJerman memastikan mampu menampung pengungsi sebanyak setengah juta setiap tahunnya. Pernyataan ini ditegaskan oleh Wakil Kanselir Sigmar Gabriel.

“Saya percaya kami pasti mampu menampung setengah juta (pengungsi per tahun) selama tahun-tahun mendatang. Saya tidak ragu mengenai hal itu. Bahkan mungkin lebih,” katanya

Meski demikian ia tetap menandaskan agar negara-negara di Eropa turut memikul tanggung jawab.

Kesanggupan Jerman menopang ratusan ribu pengungsi yang kini membanjiri Eropa, terutama dari negara-negara yang dilanda perang seperti Suriah, juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Wolfgang Schaueble.

Lalu mengapa Jerman mau menampung para pengungsi tersebut?
Kesediaan Jerman menerima pengungsi, terutama dari Suriah, dalam beberapa waktu terakhir ini tak lepas dari situasi darurat yang terjadi di Hongaria dan rasa solidaritas di masyarakat Jerman sendiri. Hal ini disampaikan Berthold Damshauser, pemerhati masalah sosial di Bonn, ketika ditanya tentang sikap Jerman terkait krisis pengungsi di Eropa.
“Ada situasi darurat di Hongaria di mana para pengungsi tidak ditangani dengan baik, sehingga pemerintah Jerman membuka jalan bagi mereka,” ujar Damshauser kepada BBC Indonesia, hari Selasa (08/09).

Menurut Damshauser, penerimaan secara terbuka sebagian masyarakat Jerman ini disebabkan pengalaman warga Jerman masa lalu. Jerman kalah di Perang Dunia II dan jutaan warga Jerman menjadi pengungsi dan terpaksa meninggalkan rumah-rumah mereka di Jerman bagian timur.

“Jadi, Jerman pernah mengalami masalah pengungsi dan mungkin masih banyak orang yang ingat bagaimana sulitnya menjadi pengungsi,” kata Damshauser.
“Selain itu, saya bisa mengatakan bahwa rasa kemanusiaan di masyarakat Jerman cukup tinggi. Ada empati yang besar terhadap orang-orang yang menderita. Ini fenomena yang menarik, yang menunjukkan kematangan dari masyarakat Jerman,” katanya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*