Iran Berikan Bantuan Dana Kredit 3,6 Milyar Dolar Kepada Suriah

Damaskus – (Syamorganizer.com) – Pihak berwenang Suriah dan Iran menandatangani kesepakatan minggu ini, mengaktifkan fasilitas kredit dana bantuan $ 3,6 Milyar untuk membeli produk minyak dengan persyaratan pembayaran jangka panjang, pejabat dan bankir mengatakan pada hari Rabu (31/7).
Kesepakatan yang disetujui pada Mei lalu antara kedua sekutu dan akan memungkinkan Iran untuk mengakuisisi saham ekuitas dalam investasi di Suriah, adalah bagian dari paket untuk memberikan bantuan Iran kepada pemerintah Presiden Bashar al Assad, sekutu politik utamanya.
Jalur lain kredit sebesar $ 1 Milyar untuk Damaskus telah diperpanjang diperuntukkan membeli pembangkit daya dan barang lainnya dari produk Iran dalam barter pengaturan yang membantu ekspor tekstil Suriah dan beberapa produk pertanian seperti minyak zaitun dan jeruk, kata pejabat perdagangan.
Suriah mengalami kekuarangan solar untuk tentara dan bahan bakar untuk menjaga perekonomian agar tetap berjalan karena sanksi yang dilakukan oleh AS dan Uni Eropa setelah tindakan keras terhadap demonstran pro-demokrasi. Iran telah menjadi pemasok utama produk minyak bumi melalui laut.
Meskipun ada dukungan politik dari Cina dan Rusia, yang telah memblokir rancangan resolusi PBB untuk memberi sanksi lebih lanjut terhadap Suriah dan menentang intervensi militer untuk mengakhiri konflik, tapi  bahan bakar  dan uang tunai yang dimiliki oleh Assad untuk bertahan hidup semua telah menipis.
Iran terus memperluas hubungan ekonomi dengan Suriah untuk membantu menahan sanksi ekonomi Barat dan ditutupnya kesepakatan perdagangan bebas yang memberikan ekspor Suriah tarif cukai rendah sebesar 4 persen.
Pada Januari lalu, selama kunjungan Perdana Menteri Wael al-Halki teheran setuju menyetor dana bantuan sebesar $ 500 juta dollar ke  bank sentral Suriah, kata sumber perbankan.
(sumber: qathrunnada/kiblat.net)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*