Istighfar Cara Cerdas Hindari Kegagalan

4 Istighfar

Ada satu kisah menarik yang pernah dialami oleh Hasan al Bashri. Suatu ketika dia didatangi oleh seorang laki-laki kemudian dia mengadukan masa kemarau yang menimpanya. Hasan al-Basri lantas berkata kepadanya, “Beristighfarlah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Berikutnya datang pula seorang lelaki yang mengeluhkan tentang kemiskinannya. Hasan al Bashri pun kemudian menjawab dengan jawaban yang sama, beristighfarlah.

Datang lagi seorang laki-laki yang meminta Hasan al Bashri agar berdoa supaya dia dikaruniani anak, jawabannya pun masih sama. ‘Beristighfarlah”

Kemudian datang lagi seorang laki-laki yang mengadu akan kekeringan yang menimpa kebunnya. Hasan al Bashri pun menjawab dengan jawaban yang sama, istighfarlah.

Melihat hal itu, Ar-Rabi lantas berkata kepadanya, “Beberapa orang lelaki mendatangimu mengadu berbagai jenis perkara tetapi kamu menyuruh mereka semua untuk membaca istighfar!”

Hasan al-Basri menjawab, “Aku sama sekali tidak mengatakan apapun dari diriku sendiri. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya:
“Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Surah Nuh: ayat 10-12)

Kisah ini juga yang disampaikan oleh Ketua Umum Syam Organizer, Saiful Anwar, di akhir penyampaian materinya pada sesi pembukaan Rakernas ke-5 di Yogyakarta. Saiful Anwar yang pernah menjadi relawan kemanusiaan untuk Suriah ini mengajak para peserta Rakernas untuk senantiasa instropeksi diri, saat menemukan “kegagalan” dalam mengusung program Syam Organizer.

“Bisa jadi ketika Anda gagal dalam melaksanakan program karena ada dosa yang dilakukan secara tidak sengaja atau bahkan secara sengaja oleh salah seorang personel, karenanya istighfar harus selalu dilazimi”, jelasnya. Karenanya beliau berharap agar setiap mengusung program awali dengan niat yang ikhlas, kerja maksimal disertai dengan berdoa.

“Jika semua itu sudah kita lakukan kemudian hasil tidak sesuai dengan harapan, istighfarlah Insya Allah, Allah akan membantu”, pungkasnya. (Ar70/Syamorganizer.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*