:: Jejak Syam #32:: Negeri Syam Pada Zaman Khulafa’ Rasyidun

32

Negeri Syam Pada Masa Khalifah Umar Bin Khaththab [8]

Syam Negeri Pemakaman Para Tokoh Sahabat

Beberapa tahun setelah peristiwa wabah lepraAmwas, sejumlah panglima perang, gubernur, ulama dan tokoh senior generasi sahabat wafat dan dimakamkan di negeri Syam. Di antara mereka yang meninggal dan dimakamkan di negeri Syam pada masa akhir pemerintahan khalifah Umar bin Khaththab adalah:

  1. Bilal bin Rabbah, muadzin Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam. Ia ikut berjihad bersama pasukan Islam. Ia meninggal dan dimakamkan di Damaskus pada tahun 20 H.
  2. Sa’id bin Amir, seorang ahli ibadah yang zuhud dan komandan pasukan yang membebaskan kota Qaisariah. Ia pernah diangkat menjadi gubernur Homs. Ia meninggal pada tahun 20 H.
  3. Iyad bin Ghanm, seorang veteran perang Badar dan komandan penaklukan wilayah Jazirah. Ia adalah panglima pertama yang memburu pasukan Romawi sampai wilayah pedalaman Syam dan Jazirah yang dikuasai oleh Romawi. Ia pernah diangkat sebagai gubernur Syam oleh Abu Ubaidah bin Jarrah, dan keputusan itu diperintahkan oleh khalifah Umar sampai ia meninggal pada 20 H.
  4. Khalid bin Walid, panglima perang tersohor yang memimpin perang Mu’tah, perang melawan orang-orang murtad, mengawali penaklukan Irak dan berperan besar dalam perang menaklukan negeri Syam.ia wafat dan dimakamkan di kota Homs pada 21 H.
  5. Qatadah bin Nu’man Al Anshari, seorang sahabatdari suku Aus dan salah seorang veteran perang Badar. Ia adalah saudara seibu dari Abu Sa’id Al Khudri. Ia wafat di Syam pada 22 H.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*