Jika As Menyerang, Iran Akan Dukung Rezim Assad Sampai Akhir

Teheran – Syamorganizer.com – Rencana serangan militer yang akan dilakukan oleh beberapa negara barat rupanya tidak membuat Suriah kehilangan dukungan. Salah satu negara yang menyatakan dukungan terhadap Suriah sampai akhir adalah Iran.

“Iran akan mendukung Suriah sampai akhir dalam menghadapi kemungkinan serangan militer pimpinan Amerika Serikat, kata panglima pasukan khusus Garda Revolusi Iran.

Iran adalah sekutu utama Suriah dan beberapa pengamat yakin tujuan luas dari keputusan Presiden AS Barack Obama untuk melancarkan serangan terhadap pemerintah Damaskus adalah menumpulkan pengaruh Iran, yang meningkat di kawasan itu, dan ancaman pada Israel, sekutu Washington.

“Tujuan utama AS sebenarnya bukannya melindungi hak asasi manusia (HAM) tetapi untuk menghancurkan para lawan Israel, jadi kami akan dukung Suriah sampai akhir,” tutur Komandan Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani, seperti yang dikutip dari The Daily Star, Jumat (06/09).

Walaupun begitu Solaimani tidak merinci apakah bantuan yang akan dikirim untuk membantu rezim al-Assad. Pernyataan Solaimani disampaikan saat berpidato didepan Majelis Ahli Iran.

“Kita akan mendukung Suriah sampai akhir,” tambahnya dalam pidato di Majelis Pakar, badan yang mengawasi pekerjaan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Sebelumnya pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei ini juga telah menyatakan kalau intervensi AS ke Suriah hanyalah sebuah dalih.

Soleiman menuduh AS menggunakan klaimnya bahwa pasukan Suriah menggunakan senjata-senjata kimia tanpa kendali terhadap para warga sipil bulan lalu sebagai satu “dalih” untuk berusaha menggulingkan pemerintah Bashar.

Presiden Hassan Rouhani mengatakan Iran akan melakukan “segala usaha untuk mencegah” serangan terhadap pemerintah Suriah, kata ringkasan dari pernyataan-pernyataan yang diucapkan dihadapan Majelis Pakar yang disiarkan media.

Iran memperingatkan bahwa setiap aksi militer terhadap Suriah berisiko menimbulkan lautan api yang luas di kawasan itu, lapor AFP. [sumber:sdqfajar/kiblat.net]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*