Kisah Perjalanan Relawan Tim ke 8 Bagian Kedua: Buka Bersama bersama Maryam

b pengepakan 2

Kami yakin bagi Anda iftar atau berbuka puasa merupakan saat-saat yang ditunggu-tunggu. Terbayang dalam benak kami kenikmatan menyantap makanan saat adzan Maghrib sudah berkumandang. Berkumpul bersama semua keluarga dalam sajian masakan yang menundang selera adalah salah satu saat terindah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Alhamdulillah di hari ketiga kami berada di Suriah, kami menunaikan program iftar Ramadhan bersama kaum muslimin di Suriah. Agak berbeda suasana buka puasa di Suriah ini dengan buka bersama di Indonesia. Bayangan Anda mungkin berkumpulnya ratusan umat islam di suatu tempat kemudian diadakan acara pengajian menjelang buka puasa dan dilanjutkan buka puasa dan shalat maghrib berjamaah. Tidak. Program iftar yang kami lakukan bersama warga lokal di Suriah sangat berbeda dengan tradisi buka bersama di Indonesia.

b pengepakan

Program itu kami lakukan dengan membagikan paket-paket iftar kepada keluarga di suatu wilayah. Untuk iftar pertama ini, kami sengaja melaksanakannya di daerah Khermisy, Kota Sahil.

Kegiatan kami lakukan mulai pukul 13.00 waktu setempat. Dimulai dengan proses memasak dan pengepakan. Sekitar pukul 18.30 proses pengepakan selesai selanjutnya kami meluncur ke daerah Khermisy Kota Sahil. Sekitar 15 menit sebelum maghrib 100 paket iftar kami bagikan. Ahh…. lega rasanya dapat berbagi buka puasa dengan mereka. Satu pengalaman hidup yang mungkin tidak akan pernah terlupakan.DSC_0090

Selesai mendistribusikan iftar, kami bersama penduduk lokal menuju salah satu tenda pengungsian yang dihuni oleh Abu Maryam untuk berbuka puasa di sana. Di tenda inilah kami diperkenalkan dengan Maryam. Maryam adalah bayi yang baru berusia 20 hari dan lahir di tenda pengungsian itu juga dibantu oleh seorang dukun bayi saja. Karena menurut abu Maryam untuk menuju rumah sakit butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dari tempat pengungsian . Kami pun mendoaka, kemudian menggendongnya serta mengusap kepalanya, bayi tersebut diberi nama Maryam.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*