KUII Ajang Silaturahmi Ulama dan Seluruh Elemen Islam

 

k2

Syamorganizer.com – Yogyakarta, Sekitar 775 orang diperkirakan mengikuti Kongres Umat Islam Indonesia VI di Yogyakarta. Mereka adalah para utusan dari MUI, Perwakilan ormas Islam tingkat pusat, pondok pesantren, perguruan tinggi, lembaga Islam dari dalam dan luar negeri, kalangan profesionalisme dan tokoh perorangan.

Meski sempat vakum yakni usai kongres ke dua pada 1945, dan kongres ketiga baru dimulai kembali sejak reformasi 1998 silam Ketua Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin berharap Kongres ini dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi para ulama dan seluruh elemen umat Islam.

“Agenda lima tahunan ini menjadi ajang silaturahmi para ulama dan seluruh elemen umat Islam, ini juga merupakan tuntutan zaman. Tokoh umat Islam harus bersama pemerintah dan mengawal NKRI demi kemajuan bangsa,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu, dalam sambutannya Jusuf Kalla mengharapkan agar umat islam di Indonesia menjadi pelopor pemikiran-pemikiran kebersamaan. “Indonesia harus menjadi pelopor pemikiran-pemikiran kebersamaan yang lebih baik”, demikian ungkapnya di hadapan peserta pembukaan KUII VI di Pagelaran Kraton Yogyakarta. “Harus menjadi referensi di dunia ini, Islam yang moderat, Islam menjadi referensi dunia,” tandasnya.

Pembukaan KUII VI selain dihadiri oleh tokoh dan para ulama Indonesia juga dihadiri oleh beberapa Dubes negara sahabat yang ada di Indonesia serta 42 kasultanan se-Nusantara. (AR70/ Syamorganizer.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*