Kurban Peduli Syam 1437 H. Ayo Gabung!

Kurban Peduli Syam telah diluncurkan oleh Syam Organizer. Program itu diluncurkan dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah yang InsyaAllah akan jatuh bertepatan dengan tanggal 12 September 2016. Program Kurban Peduli Syam merupakan program tahunan yang menjadi program unggulan.

kurban peduli syam

Poster Program kurban Peduli Syam

Untuk itu, Syam Organizer mengajak kepada Kaum Muslimin di manapun anda berada untuk berqurban. Sebagaimana firman Allah, “Sungguh, Kami telah memberimu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berqurbanlah”. (Quran surah Al-Kautsar 1-2).

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist, dimana Rasullah bersabda, yang artinya

“Dari Anas dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkurban dengan dua ekor domba yang warna putihnya lebih dominan di banding warna hitamnya, dan bertanduk, beliau menyembelih domba tersebut dengan tangan beliau sendiri sambil menyebut nama Allah dan bertakbir dan meletakkan kaki beliau di atas sisi leher domba tersebut.” (H.R.Bukhari)

Perbuatan Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ sebagai mana ucapan beliau dan sikap diam beliau adalah dalil Syara’. Ketika Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ melakukan aktivitas berkurban, dan mencontohkan pada umatnya, maka hal ini menguatkan dalil pertama bahwa berkurban adalah amal yang didorong oleh Syariat dan digolongkan sebagai perbuatan yang Ma’ruf. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ juga pernah memerintahkan seorang Shahabat berkurban, misalanya dalam Hadis berikut ini;

صحيح البخاري (17/ 237)

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ قَالَ

قَسَمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَصْحَابِهِ ضَحَايَا فَصَارَتْ لِعُقْبَةَ جَذَعَةٌ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَارَتْ لِي جَذَعَةٌ قَالَ ضَحِّ بِهَا

dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al Juhani dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah membagi-bagikan binatang kurban kepada para sahabatnya, sementara ‘Uqbah sendiri hanya mendapatkan Jadza’ah (kambing yang berusia enam bulan, atau berumur empat tahun ke atas, atau sapi berumur tiga tahun ke atas), maka kataku selanjutnya; “Wahai Rasulullah, aku hanya mendapatkan Jadza’ah?” beliau bersabda: “Berkurbanlah dengannya.” (H.R.Bukhari)

Beliau juga memuji penyembelihan hewan kurban yang dilakukan setelah Shalat ‘Ied dan mensifatinya sebagai Ibadah yang sempurna. Bukhari meriwayatkan;

صحيح البخاري (17/ 234)

عَنْ الْبَرَاءِ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلَاةِ تَمَّ نُسُكُهُ وَأَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ

dari Al Bara`, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menyembelih (hewan kurban) setelah Shalat (Ied) maka ibadah kurbannya telah sempurna dan dia telah melaksanakan sunnah kaum Muslimin dengan tepat.” (H.R.Bukhari)

Nash-Nash ini menguatkan bahwa ibadah berkurban memang diperintahkan, dicontohkan, dan dipuji sebagai salah satu ibadah dalam Syariat Islam.

Tak hanya itu, Syam Organizer tahun ini insyaAllah akan membuat ibadah qurban anda tak sekedar qurban  biasa. Hewan Qurban anda akan kami sembelih di bumi yang penuh berkah, dan akan dinikmati oleh kaum fakir miskin dan dhuafa di Suriah dan Palestina.

Anda terpanggil untuk bergabung dalam program kemanusiaan ini? inilah ketentuanya:

Harga paket Kurban Peduli Syam untuk Palestina:

  • Kambing : USS 500 atau setara Rp. 5.240.000,- / ekor kambing
  • Unta : USS 2000 atau setara Rp. 26.200.000,- / ekor unta

Harga paket Kurban Peduli Syam untuk Suriah:

  • Kambing : USS 350 atau setara Rp. 4.585.000,- / ekor kambing.

Bagaimana caranya? Transfer saja ke rekening:

  • Untuk Palestina: Bank Mandiri 1370011025976 a.n. Yayasan Amal Syam Abadi.
  • Untuk Suriah: Bank Syari’ah Mandiri 7068692088 a.n. Yayasan Amal Syam Abadi.

Setelah transfer, harap konfirmasi ke nomor 0878 3959 0200 dengan format:

Qurban untuk/ nama mudhohi/ asal kota/ tanggal transfer. Contoh: Qurban Suriah/ Ahmad/ Banda Aceh/ 3 Agustus 2016.

Ingat, batas akhir transfer tanggal 31 Agustus 2016.

Comments

comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*