Mengenang Kembali Persatuan Ummat Islam di Poso pada Masa Kerusuhan

kunjungan

Poso, Syamorganizer.com – Bukan untuk mengingat luka lama, pagi itu Tim Safari Ramadhan beserta Syaikh Abdel Monem Ali Hasanain Al Jabari seusai sholat dan ceramah subuh di Masjid Baitul Makmur, Selasa (7/7) mengadakan kunjungan ke Bapak H. Adnan Arsal. Beliau adalah saksi hidup pada peristiwa kerusuhan di Poso yang terjadi beberapa tahun silam. Bahkan beliau inilah yang membangkitkan semangat kepada kaum muslimin yang terbantai waktu itu untuk bertahan dan mempertahankan diri.

Kebahagiaan dan kesenangan nampak di wajah Pak Haji Adnan, demikian Beliau akrab disebut, demikian juga pada wajah rombongan. Di dampingi oleh penerjemah Ust. Ismail, obrolan ringan dan saling sapa terjadi di antara mereka hingga akhirnya Pak Haji mengungkapkan peristiwa yang kerusuhan yang pernah terjadi di wilayah Poso dan sekitarnya.

Dari pembicaraan yang disampaikan ada satu hal yang menjadi catatan atas kemenangan kaum muslimin pada waktu itu, yakni keutuhan dan kesatuhan ummat dalam menghadapi serangan dari kaum nasrani ternyata menyebabkan umat Islam di Poso dan sekitarnya mampu mengembalikan izzah dan harga diri sehingga orang-orang Nasrani dapat ditaklukkan.

“Kita tidak mengenal golongan waktu itu. Yang ada hanyalah semangat untuk berjuang dan mempertahankan diri dari serangan mereka”, jelas H. Adnan kepada Syaikh Abdel Monem Ali Hasanain Al Jabari dan kepada semua yang hadir dalam kunjungan itu. (ar70)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*