Negara-Negara Tujuan Pengungsi Suriah

0,,18409167_303,00

Konflik di Suriah menyebabkan krisis kemanusian yang paling memilukan. Banyak dari warga Suriah yang kehilangan tempat tinggal. Rumah mereka hancur. Tanah pertanian mereka dimusnahkan dan air sumber kehidupan banyak yang dicemari. Ditambah dengan gelapnya malam karena minimnya listrik dan penerangan. Kondisi itu menyebabkan banyak warga Suriah yang kemudian mengungsi ke wilayah-wilayah lain. Saat ini ada 5 negara yang menjadi tujuan dari para pengungsi Suriah sebagaimana dilansir dw.com

Turki: 1,8 Juta Pengungsi
Kawasan perbatasan Turki ke Suriah menjadi tujuan utama para pengungsi yang menyelamatkan diri dari perang saudara di Suriah. Hingga Saat ini tercatat 1,8 juta pengungsi Suriah ditampung di kawasan perbatasan. Turki dan lembaga pengungsi PBB UNHCR sudah menyatakan kewalahan dan kekurangan dana. Berulangkali petugas keamanan Turki menutup pintu perbatasan dari serbuan pengungsi.

Libanon: 1 Juta Pengungsi Suriah
Libanon, negara kecil tetangga Suriah berpenduduk 4,5 juta juga kewalahan menampung lebih 1,2 juta pengungsi dari konflik berdarah di Suriah. Pemerintah di Beirut bahkan menyebut, lebih 500.000 pengungsi Suriah menetap tanpa terdata di negaranya. Ironisnya, peranan Libanon nyaris tidak banyak disebut dalam pemberitaan.

Yordania: 625.000 Pengungsi Suriah
Sekitar 625.000 pengungsi Suriah kini bermukim sementara di kawasan perbatasan Yordania. Berulangkali pecah bentrokan antara petugas keamanan Yordania dengan pengungsi Suriah, seperti di kamp penampungan Al Zaatari beberapa bulan silam.

Irak : 250.000 Pengungsi Suriah
Irak yang juga dikoyak konflik bersenjata serupa dengan Suriah, menampung sekitar 250.000 pengungsi asal Suriah. Nasib pengungsi Suriah di Irak jarang mendapat perhatian media massa.

Mesir: 135.000 Pengungsi Suriah
Mesir yang baru saja pulih dari konflik dalam negeri berkepanjangan sebagai dampak Musim Semi Arab, menampung sekitar 135.000 pengungsi perang saudara Suriah. Walau kondisi pengungsi tidak terlalu bagus, tapi paling tidak mereka selamat dari brutalitas konflik bersenjata di negara mereka.

Sampai sekarang gelombang pengungsi masih terus terjadi bahkan sudah sampai  ke beberapa wilayah lain seperti Jerman dan kepulauan Yunani.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*