PBB: 600 Ribu Warga di Pedesaan Damaskus Membutuhkan Bantuan Mendesak

Damaskus  – Syamorganizer.com – Kantor PBB untuk untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan, Rabu (11/9), lebih dari 600 ribu warga Suriah di wilayah pedesaan Damaskus membutuhkan bantuan kemanusiaan segera.

Kantor itu menunjukkan sebagaian besar mereka berada di wilayah-wilayah yang sangat sulit dijangkau, termasuk di wilayah yang pada 21 Agustus lalu terkena serangan senjata kimia. Kantor tersebut menambahkan bahwa warga Suriah di sana mengalami pengepungan mencekik, sehingga bantuan kemanusiaan sulit mencapai daerah tersebut.

Sementara itu, organisasi PBB untuk urusan anak-anak (UNICEF) mengungkapkan bahwa pihaknya telah berulangkali mencoba masuk ke daerah-daerah tersebut, termasuk ke daerah terkena serangan senjata kimia. Akan tetapi, usaha tersebut menuai kegagalan.

UNICEF menambahkan bahwa misi utama mereka adalah memberikan bantuan  kesehatan bagi anak-anak dan perempuan.

Di sisi lain, komisi khusus yang dibentuk PBB untuk menyelidiki pelanggaran HAM di Suriah, menuduh bahwa rezim Bashar Al Asad dan pejuang Oposisi sama-sama melakukan ‘kejahatan terhadap kemanusiaan’.

Akan tetapi, komisi tersebut tidak menyimpulkan adanya penggunaan senjata kimia, karena menurut komisi itu tidak ditemukan bukti kasat mata. [sumber:hunef/kiblat.net]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*