Peduli Muslim Suriah , Ratusan Muslim Poso Turun Kejalan

IMG_20160512_091314

Poso, Syamorganizer.com – Ratusan masyarakat muslim Poso mengadakan aksi Long Mach turun kejalan. Aksi ini diadakan oleh beberapa ormas yang tergabung dalam Aliansi Poso Peduli Suriah. Yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Unsimar, KAMMI Poso, IMTM (Ikatan Majelis Taklim Muslimah ) Poso, Syam Organizer Poso, Amanah Media Center (AMC) Poso, dan Hidayatullah Poso.

Sebagaimana disampaikan koordinator aksi , Muh.Amin Adnan, S.Sos.I bahwa kegiatan ini adalah bentuk solidaritas muslimin Poso kepada Muslimin di Suriah khususnya di Kota Aleppo yang sejak beberapa pekan terakhir di bombardir oleh rezim Bashar Assad.

Aksi dimulai sejak pukul 08.30 WITA, ratusan warga muslim Poso berkumpul di Masjid Raya Poso. Dari Masjid Raya, massa yang sebagian besar adalah para wanita muslimah Poso ini berjalan kaki menuju bundaran Toko Asean tepatnya depan Eks Pasar Sentral Poso.

Dalam aksi tersebut orator menyampaikan orasinya bahwa apa yang terjadi di Suriah adalah tragedi kemanusiaan. Aksi masyarakat muslimin Poso hari ini, merupakan kepedulian dan solidaritas atas saudaranya sesama muslim.

“Yang masih ada hati nuraninya sebagai manusia, mari kita tunjukkan kepedulian kita dengan memberikan doa untuk keselamatan kaum muslimin yang ada di Suriah dan Palestina. Dan juga memberikan donasi untuk bantuan kebutuhan pengungsi di sana” ungkap Amin Adnan saat berorasi.

Selain itu beberapa orang peserta aksi ada juga yang menjalankan kotak-kotak infak untuk mengumpulkan donasi kepada masyarakat pengguna jalan dan pemilik toko-toko di seputaran eks pasar sentral Poso. Masyarakat sekitarpun menanggapi positif dengan memberikan donasinya.

Selanjutnya dari depan eks Pasar Sentral Poso massa berjalan menuju Pasar Baru yaitu Pasar Tradisional Poso di Kelurahan Kawua Poso Kota yang jaraknya sekitar kurang lebih 4 KM dari eks Pasar Sentral Poso. Massa melakukan aksi Long Mach dengan orasi dan penggalangan dana. Tepat pukul 11.30 WITA masa membubarkan diri pulang ke rumah masing namun ada juga yang menuju posko penggalangan dana yang berada di depan eks pasar sentral Poso. Pukul 17.00 WITA secara kesulurahan penggalangan dana selesai.

Reporter: Tejo
Editor: AR70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*