Pendistribusian Jaket dan Selimut Tebal untuk Pengungsi Suriah

pembagian jaket2

Suriah, Syamorganizer.com – Saat  ini, Senin (23/11/2015) di Suriah sedang memasuki musim dingin, bahkan itu sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Siang hari suhunya hingga 8 derajat dan malam harinya hingga 0 derajat, air sampai membeku. Sehingga wajar jika jaket tebal tidak pernah lepas dari tubuh para pengungsi, terutama dari tubuh kedua relawan Syam Organizer.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana nasib mereka nanti jika sudah benar-benar masuk musim dingin dan turun salju. Pernah suatu malam, hujan turun begitu derasnya disertai guntur dan angin kencang. Dahan-dahan pohon pinus banyak yang patah sehingga menutupi jalanan. Air hujan pun masuk membasahi tempat tidur para relawan. Saat itu relawan hanya bisa membayangkan bagaimana nasib saudara-saudara seiman mereka yang tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Memang sampai saat ini para pengungsi masih tinggal di tenda-tenda. Agar air tidak mengalir masuk ke dalam tenda, mereka membuat parit di sekitar tenda tersebut. Sedangkan untuk mengusir rasa dingin dari tubuh, biasanya mereka menyalakan midfa’ah.

midfaah

midfaah pemanas ruangan

Midfaah adalah alat penghangat manual yang terbuat dari semisal besi berbentuk kotak kecil. Potongan kayu bakar dimasukkan ke dalamnya kemudian dinyalakan dengan api, sehingga akan muncul rasa hangat di sekitar alat tersebut selama api masih hidup. Atasnya diberi cerobong untuk membuang asap. Namun tidak setiap pengungsi yang tinggal di tenda-tenda memiliki alat ini. Maka satu-satunya cara untuk mengusir rasa dingin tersebut adalah dengan cara menutupi tenda-tenda mereka dengan daun-daun pinus atau menyelimuti tubuh mereka dengan selimut yang tebal, itupun jika mereka memiliki selimut.

pembagian jaket

Alhamdulillah kedua relawan Syam Organizer bisa sedikit membantu meringankan penderitaan mereka, mendristribusikan bantuan berupa selimut tebal, jaket dan pakaian penghangat lainnya. Semoga mereka masih tetap bisa tersenyum dalam menghadapi ganasnya musim dingin di bulan-bulan ini. Allahul Musta’an (relawan tim 7/Abu Ahmad)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*