Penyakit Mulai Menyerang Warga Suriah di Kamp Pengungsian

Syamorganizer.com – Musim Dingin di Suriah menjadi ancaman bagi muslimin suriah. Rata-rata suhu harian antara 10-15 derajat celsius. Bahkan terkadang mencapai di bawah 0 derajat celcius. Berbagai penyakit mulai ditemukan di beberapa kamp pengungsian. Salah satu penyakit yang saat ini banyak diderita kaum muslimin Suriah, khususnya anak-anak adalah ispa (penyakit salura pernapasan).
“Infeksi saluran pernafasan ini akan semakin memburuk dalam musim dingin”, demikian kata dr. Romy, seorang dokter yang berkhidmat di rumah sakit lapangan Salma dalam sebuah pesannya.
Hal itu tidak sulit dimengerti karena, sebagaimana yang pernah dilaporkan oleh relawan Syam Organizer dan HASI bahwa sebagian besar dari mereka kaum muslimin di Suriah hidup terlantar. Mereka tinggal di tenda-tenda yang jauh dari standar. Selimut dan alas tidur pun seadanya. Hal ini akan menyebabkan kondisi kesehatan mereka memburuk. Selain penyakit ispa, penyakit Hepaitis A juga banyak ditemukan menimpa warga Suriah di tenda-tenda pengungsian. Bahkan karena air minum yang tidak bersih, kini penyakit kolera juga sudah mulai ditemukan.
Karenanya, hal yang paling mendesak mereka butuhkan adalah tenda, selimut, jaket, sepatu boot, mantel dan midfak (alat pemanas ruangan)
(AR70/syamorganizer.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*