Pertemuan Regional Road4Peace di Bandung

mansorBandung – Syamorganizer.com – Silaturahim antara NGO Malaysia dan beberapa lembaga kemanusiaan di Indonesia terjadi di Bandung, Sabtu (12/7). Pertemuan yang diprakarsai oleh Mustapa Mansor mengagendakan beberapa hal terkait dengan Road4Peace mendatang, salah satunya adalah bagaimana mendapatkan strategi bergerak dalam wilayah bencana kemanusiaan yang baik. Hal ini menjadi salah satu titik tekan permbicaraan karena belum ada ikatan yang terjallin secara kuat antara lembaga kemanusiaan yang satu dengan lembaga kemanusiaan yang lain. Padahal untuk melaksanakan program yang besar dan banyak cabang ini membutuhkan hal tersebut. “Setiap NGO harus saling sinergi dan saling sokong”, begitu kata beliau menegaskan.

Selain itu, kenyataan yang sering terjadi di lapangan akan adanya tuduhan terhadap lembaga kemanusiaan yang tidak benar (seperti isu teroris yang dituduhkan kepada lembaga kemanusiaan) mendesak agar setiap NGO (Lembaga Kemanusiaan non Pemerintah) untuk segera berkoordinasi sehingga tuduhan miring itu bisa diantisipasi. Dengan demikian, misi kemanusiaan yang diembannya bisa dirasakan dan terjadi proses pembelajaran di masyarakat.

Secara detil, Mustapa Mansor menyebutkan 6 tujuan pertemuan NGO di Bandung, yakni

1. Mengatur strategi bergerak dalam misi kemanusiaan di wilayah bencana dan damai.
2. Memberikan kesadaran di kalangan NGO yang bergabung dalam Road4Peace agar tidak terkena fitnah terorisme.
3. Memperkuat kerjasama positif antara NGO dan juga pemerintah
4. Membentuk struktur Road4Peace intenasional dengan adanya Dewan Pembina dan Perwakilan di tiap negara.
5. Mengadakan program Konferensi Perdamaian Internasional Road4Peace di Malaysia / Indonesia
6. Membuat pernyataan bersama mengenai isu-isu kemanusiaan dunia .

Pertemuan regional Road4Peace yang dihadiri oleh MaSSSA (Pertubuhan Solidariti Madani Malaysia), Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS), Spirit of Aqsa (SoA), Syam Organizer, Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), Sinergi Foundation, Misi Medis dan Jurnalis Islam Bersatu (JITU) berakhir pada Ahad (13/7) [AR70/Syamorganizer.com]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*