Presiden Tunisia Tuntut Pembebasan Mursi Sebabkan Mesir dan Emirat Tarik Dubesnya

Pemerintah kudeta Mesir menarik duta besarnya dari Tunisia pada hari Sabtu setelah presiden Tunisia menuntut pembebasan presiden  terguling Mohammed Mursi , televisi pemerintah Mesir melaporkan.

Kementerian Luar Negeri Mesir memanggil pulang duta besarnya untuk ” konsultasi , ” lapor televisi pemerintah Mesir .

Presiden Tunisia Moncef Marzouki telah menyerukan penguasa kudeta Mesir untuk melepaskan Mursi  , yang telah ditahan di lokasi rahasia sejak militer mengkudetanya pada 3 Juli lalu.

Uni Emirat Arab , yang sangat mendukung pemerintah militer , sebelumnya memanggil pulang duta besarnya dari Tunisia sebagai protes atas pernyataan Marzouki itu .

Surat kabar Al – Khaleej Emirat melaporkan keputusan UEA dibuat setelah ” seruan menantang  yang dilakukan oleh presiden Tunisia melawan Mesir dan kepemimpinan barunya , Emirat tidak dapat diterima pernyataan Presiden Tunisia tersebut. “

Mursi menghadapi persidangan atas tuduhan sepihak terkait penghasutan dan  pembunuhan demonstran dalam bentrokan di luar istana presiden pada Desember 2012 , namun hingga saat ini tidak ada tanggal yang telah ditetapkan untuk sidang pengadilannya .

Polisi telah menangkap lebih dari 2.000 anggota Ikhwanul Muslimin dalam operasi penumpasan pada gerakan Ikhwanul Muslimin.

Lebih dari 3.000 orang, sebagian besar anggota Ikwan  , juga gugur dalam bentrokan dengan pasukan keamanan sejak 14 Agustus 2013 , ketika polisi membubarkan demonstrasi protes  di Kairo . (Arby/Dz/www.eramuslim.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*