Rangkaian Kegiatan SPS di Surabaya

Surabaya – Syamorganizer.com – Acara Sehari Peduli Suriah ini diadakan oleh SYAM Jatim, Ahad (22/6). Acara ini bertujuan  memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa yang terjadi di bumi SYAM dan juga sebagai wujud kepedulian terhadap saudara kita di SYAM dalam bentuk penggalangan dana untuk disumbangkan ke SYAM melalui Syam Organizer.

Rangkaian acara Sehari Peduli Suriah ini diawali dengan Lomba Tahfidz anak-anak, yang dibagi 3 kategori (TK, SD kelas 1-3, SD kelas 4-6), lomba diikuti sekitar 50 anak. Lomba berakhir tepat waktu dhuhur.

Acara selanjutnya yaitu Tabligh Akbar “Saatnya Peduli Mari Berbagi untuk Bumi Syam” yang disampaikan oleh Ustadz Lukman Hakim dari Jakarta, beliau menyampaikan info terkini tentang Bumi Syam dan menggugah audience untuk ikut peduli dengan penderitaan kaum muslimin yang ada di belahan bumi lain, terutama di Syam, negeri yang diberkati, negeri akhir zaman. Pada acara tabligh siang itu, alhamdulilah terkumpul dana sekitar 4 juta rupiah. Acara selesai pukul 2 siang, sambil menunggu agenda selanjutnya, para pengunjung melihat pameran foto tentang suriah yang dipajang di teras depan Masjid Mujahidin. Selain itu mereka juga melihat-lihat stan bazaar buku dan produk halal di halaman masjid.

Setelah Ashar dimulai lagi rangkaian acara SPS, kali ini acara mengambil tema tentang “Thibbun Nabawi”, yang disampaikan oleh Ust. Faisal Ishaq. Ustadz Faisal ini adalah seorang praktisi Thibbun Nabawi dari Jombang dan pemilik dari produk Naturaid. Beliau panjang lebar menjelaskan tentang Thibun Nabawi, dan sebagai seorang muslim harus yakin bahwa sesungguhnya penyembuhan itu datangnya dari Allah. Selain itu juga disampaikan sebagai seorang muslim dalam memilih makanan dan minuman jangan hanya melihat label halal saja, tapi pilihlah makanan dan minuman yang Thoyyib.

Sebagai penutup acara SPS ini, tepat setelah ba’dha Isyak pada pukul 17.00 WIB diadakan acara nobar (nontong bareng) video pertama tentang suriah, yang diterangkan kembali oleh Ustadz Lukman Hakim. Di video tersebut dijelaskan bagaimana kondisi suriah hari ini, dan sesungguhnya apa yang terjadi di suriah hari ini bukanlah konflik antara masyarakat dan pemerintah, yang terjadi adalah peperangan antara yang haq dan bathil. Yang mana di akhir zaman ini Allah tampakkan siapa musuh umat Islam sebenarnya, jika musuh umat Islam telah mulai muncul dan ditampakkan oleh Allah maka sebagai umat Islam haruslah melakukan persiapan yang matang karena sesungguhnya peperangan akan timbul tidak lama lagi.

Untuk video ke-2 mengenai Syam Organizer yg dinarasikan oleh Ust Zulkifli Siregar, video tersebut menjelaskan beberapa kegiatan penggalangan dana yang dilakukan olah SO mulai dari Roadshow pertama “Air Mata Suriah”, ke-2 “Tebar Cinta untuk Bumi Syam”, ke-3 “Saatnya Peduli Mari Berbagi untuk Bumi Syam, dari dokumentasi tersebut terlihat betapa antusiasnya masyarakat Indonesia untuk ikut peduli dan berperan dalam membantu saudara mereka di SYAM.

Selain dokumentasi kegiatan penggalangan dana juga ada dokumentasi kegiatan relawan SO di SYAM sebagai bukti bahwa donasi yang terkumpul telah disampaikan ke Bumui SYAM. Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir, di akhir nobar terkumpul donasi sebesar kurang lebih 5 juta rupiah. Total uang yang terkumpul adalah Rp 9.752.000,- ; $US 100; $Singapura 100 dan 200 Ringgit Malaysia, semoga Allah membalas amal jariyah dari para dermawan dengan balasan yang besar di Akhirat nanti. Dan semoga yang sedikit ini bisa membantu meringankan penderitaan saudara kita di SYAM.

Rep: abu fizha/Syam Organizer Jatim
Red: AR70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*