Road Show Air Mata Suriah di Banda Aceh,Aceh Tamiang dan Medan

ROADSHOW AIR MATA SURIAH
di Banda Aceh,Aceh Tamiang dan Medan
Perhelatan akbar dalam rangka penggalangan dana untuk kaum muslimin yang sedang tertindas di negeri Suria, sudah digulirkan sejak awal Mei lalu. adalah Syam Organizer sebuah event organizer nasional kerja bareng dengan Hilal Ahmar Society (HASI) sedang road show ke berbagai kota di negeri ini.
Jumat, 31 Mei 2013, tabligh AIR MATA SURIAH digelar di Banda Aceh dengan menggandeng Majelis Intelektual Ulama Muda Indonesia (MIUMI) DI Aceh dan Quran Intstitute. acara berlangsung di masjid raya Almakmur Lamprik Banda Aceh, usai shalat Maghrib.  dengan menghadirkan 3 pembicara ; ustadz Farid Ahmad Okbah MA (Jakarta), ustadz Oemar Mitha Lc, (Jakarta) dan ustadz Umar Faqihuddin (Semarang). Hadir sekira 500 jamaah.
Oemar Mitha sebagai pembicara pertama. Ustadz lulusan LIPIA Jakarta ini menjelaskan realaitas yang terjadi di Suria. diawali dengan bersumpah Demi Allah, bahwa peristiwa yang terjadi di Suriah adalah bukan konflik politik. juga bukan gejolak rakyat yang ingin memberontak pihak kekuasaan. namun yang terjadi adalah masalah akidah, sebagai prinsip dalam Islam. yang sedang berhadapan dengan penguasa diktator yang berfaham Syiah Nushairiyah. Dengan sangat sadis mereka para militer Syiah membantai kaum muslimin tanpa membedakan jenis kelamin dan usia. tanpa peduli anak anak dan wanita. semua dibantai sama. rumah-rumah mereka telah rata dengan tanah. Dan sudah jutaan kaum muslimin yang telah menjadi pengungsi. kebiadaban mereka bahkan lebih sadis dari militer Israil.
Ustadz yang juga relawan HASI ini benar benar bicara fakta dan realita yang pernah beliau lihat dengan mata kepalanya sendiri saat berada di sana. mengakhiri bicaranya beliau sampaikan masalah mereka adalah masalah kita bersama.
Jeda sejenak saat tiba waktu shalat Isya. kemudian pembicara kedua adalah ustadz Umar Faqihudin. usai shalat Isya berjamaah, mengawali orasinya dengan mengungkapkan sebuah ilustrasi dari sabda Rasululah saw, bahwa umat Islam ini bagaikan satu tubuh. jika ada sebagian tubuhnya merasakan sakit maka tubuh yang lain akan gelisah dan tidak nyaman. turut merasakan sakit pula. Dai asal Semarang ini menegaskan soal betapa seharusnya kita membantu meringankan kaum muslimin di Suria dengan sedekah sebanyak-banyaknya. buka dompetnya, sisihkan uang secukupnya untuk pulang saja. jika dengan 5000 atau 10.000 anda bisa sampe rumah. sisanya silakan serahkan dengan keikhlasan untuk membantu meringankan beban kaum muslimin di sana.
Berikutnya, hadir ustadz Farid Ahmad Okbah. dai yang sangat pakar masalah kesesatan syiah ini sebagai pembicara ketiga. beliau menjelaskan soal urgensinya ukhuwah Islamiyah. hanya dalam Islamlah persaudaraan yang sangat erat dan akrab melebihi hubungan nasab.

Hadirin sangat antusias mendengar memperhatikan pemaparan dari dai yang juga pimpinan Islamic Center al Islam ini. dan lagi dengan semangat 45, beliau menjelaskan keutaman Syam sebagai negeri yang diberkati. di Syam ada baitul maqdis yang  pernah mnjadi kiblat pertama bagi kaum muslimin sebelum Ka’bah di Makah Mukarramah.

tak terasa malam pun larut. hadirin masih terpesona. dan MC kmudian mnutup majlisnya dengan doa. saat itu pukul 22.45.
Sebelum ditutup ada informasi dari panitia bahwa dana yang terkumpul malam itu Rp. 53 juta. belum termasuk barang-barang selain uang yang disedekahkan.
Sabtu, 1 Juni 2013. Syam bekerja sama dengan Forum Komuniasi Aktifis Masjid (FKAM) cabang Aceh Timur menggelar tabligh AIR MATA SURIAH sebagai roadshow lanjutan. di masjid Tunisia Aceh Tamiang ini menghadirkan 3 pembicara yang sama dengan tabligh di Banda Aceh. Tabligh penggalangan dana di sini juga digelar malam hari dengan kehadiran peserta yang luar biasa. daya tampung mesjid sudah tdk lagi memadai. sekira 1500 jamaah yang hadir. sebagian mereka rela di halaman masjid. sebagian lainnya harus berdiri.
Mereka datang dari penjuru Aceh Tamiang. ratusan kendaraan sepeda motor dengan mengibarkan bendera FKAM. Sebagian dengan mobil-mobil pribadi. bahkan ada yang hadir rombongan dengan truk terbuka.
acara digelar malam. dimulai pukul 20.45. jamah sudah hadir sejak Maghrib.
Tabligh akbar ini didukung pejabat daerah setempat. ada hadir mewakili bapak bupati dan danramil. keduanya memberikan sambutan. dalam sambutannya bapak bupati menghimbau masyarakat untuk maksimal bisa membantu kaum muslimin di Suria, sebagaimana dulu ketika Aceh dilanda Tsunami banyak uluran bantuan dari berbagai negara.
Ketiga pembicara menghadirkan orasinya yang hampir sama dengan apa yang mereka sampaikan di Banda Aceh. namun ada yang unik, ketika ustadz Farid Ahmad Okbah menjelaskan Baitul Makdis, beliau sambil menunjukan miniatur Baitul Makdis yang tersimpan dalam kotak kaca mungil.  hingga malam larut para jamaah tidak beranjak, tetap semangat menyimak orasi dari ketiga nara sumber yang sangat menyemangati. tak terasa jam telah menunjukkan pukul 23.00. infak yang terkumpul Rp. 20 juta. ditambah perhiasan dan beberapa handphone.
Ahad, 2 Juni 2013. roadshow hari ketiga di Medan. kali ini tabligh AIR MATA SURIAH tidak digelar di masjid. Acara dimulai pukul 09 pagi di stadion Teladan Medan. hadir yang mewakili gubernur Sumatera Utara. dalam sambutan gubernur berharap agar acara akbar ini banyak memberikan manfaat untuk umat, khususnya kaum muslimin yang sedang terdzalimi di Suriah. dan gubernur pun sangat mengapresiasi upaya panitia dalam amal positif penggalangan dana ini.
syam organizer selaku EO nasional tetap menghadirkan tiga pembicara. ustadz Oemar Mitha, Lc dan Umar Faqihuddin. adapun ustadz Farid Ahmad Okbah, MA tidak bisa mengabulkan undangan panitia karena hari itu ada agenda di kota lain. kemudian yang menggantikan posisi beliau adalah ustadz Fahim bin Syef.
Dai dari Surabaya ini dengan semangatnya menguraikan kisah seorang wanita muslimah bernama Fathimah yang pernah disiksa oleh tentara kafir di sebuah penjara, bahkan satu hari diperkosa oleh militer kafir durjana sampai 9 kali bergantian. selwnjutnya si mujahidah ini berkesempatan menulis surat yang ditujukan kepada kaum muslimin. kisah yang sangat mengharukan ini telah cukup menguras air mata hadirin.selanjutnya penggalangan dana. dan terkumpul 110 juta. alhamdulilah.
Luar biasa. saat penggalangan dana ada yang menyerahkan bukan saja uang namun berupa barang. ada 9 handphone, 4 jam tangan, cincin emas, sebidang tanah, dan 3 buah sepeda motor.
moga semua yang disedekahkan oleh jamaah dari 3 kota ini sedikit banyak bisa meringankan beban mereka, saudara kita di Suriah.
Rep : Wawan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*