Roadshow Airmata Suriah: Tabligh Akbar dan Penggalangan Dana untuk Muslim Suriah di Purbalingga

Purbalingga – (syamorganizer.com) – Syam Organizer kembali menggelar kegiatan peduli Suriah. Kali ini bertempat di masjid yang agak masuk di perkampungan, tepatnya  masjid Baitul Mukmin, Limbangan, Kutasari, Purbalingga.  Acara dimulai pukul 20.30 (setalah sholat isya’ dan taraweh) sampai pukul 11.00 WIB. Meski dalam suasana hujan, sekitar 150 orang hadir pada kegiatan ini.
Hadir pada acara ini dua pembicara, yakni Ust. Fahmi Suwaidi, S.H (relawan Suriah) dan Ust. Fuady.

Ust. Fahmi mendapat kesempatan pertama untuk berbicara. Ustadz yang baru pulang dari bumi Syam itu pada kesempatan itu menjelaskan bahwa krisis Suriah bukanlah konflik antara penguasa dengan pihak oposisi. Bukan pula konflik kepentingan antara intern umat Islam. Krisis Suriah adalah konflik aqidah antara kaum muslimin dengan kaum Syiah Nushairiyyah. Krisis Suriah adalah konflik Ideologi, konflik aqidah, konflik antara iman dan kekufuran. Beliau membawa banyak bukti kekejaman dan kezaliman yang dilakukan rezim Bashar al Assad kepada kaum muslimin di Suriah.

Beberapa kondisi yang beliau alami ketika bertugas sebagai relawan kemanusiaan bersama Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) beliau paparkan. Suhu yang hanya berkisar sekitar -50C serta bombardir oleh rezim Assad, menyebabkan kaum muslimin di sana dihantui rasa takut pada tiap waktunya. Kondisi seperti itu diperparah dengan sulitnya bahan makanan. Digambarkan mereka yang ada di pengungsian hanya diberi jatah makan dari satu lembar roti. Bahkan karena beratnya kondisi di Homsh  mereka sampai meminta fatwa kepada para ulama tentang  “boleh-tidaknya mereka makan kucing?”

Begitu beratnya kondisi kaum muslimin sehingga Syaikh Nishomuddin ulama Suriah berpesan kepada kaum Muslimin di seluruh dunia, agar ikut membantu kaum muslimin di Suriah dengan selalu mendoakan mereka setiap waktu agar mereka diberi kemenangan oleh Allah SWT.

Ust.Fuady mendapatkan kesempatan kedua. Aktifis Islam dari kota Surabaya itu pada kesempatan kali ini mengangkat Surat Al Isro’ : 1 yang menjelaskan tentang keutamaan negeri Syam. Syam yang termaktub dalam Al Qur’an hari ini terpecah kedalam 4 negara :Libanon, Yordania, Palestina dan Suriah.

Beberapa keutamaan bumi Syam  yang lain adalah, di tempat ini turunnya para nabi, seperti nabi Ibrahim, nabi Luth, nabi Musa, nabi Isa. Dari Syam inilah turun Thoifah Manshuroh kelompok yang mendapatkan pertolongan Allah, dari negeri ini juga menjadi ukuran baik dan tidaknya iman,  dunia akan baik jika di bumi Syam ini masih ada iman, jika di bumi Syam rusak iman mereka maka akan rusak iman penduduk seluruh dunia.

Tabligh akbar diakhiri dengan penggalanagan dana untuk kaum muslimin Suriah. (Rep: Faiz)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*