Safari Ramadhan Bersama Imam dari Palestina

poster  safari syaikh

Bulan Ramadhan telah menjelang. Tamu agung yang dinantikan telah datang. Keutamaannya selalu didambakan. Di bulan inilah Al Qur’an diturunkan. Membacanya adalah ibadah dan mendengarkannya dapat menghibur perasaan sedih, menenangkan jiwa yang gelisah dan melunakkan hati yang keras, serta mendatangkan petunjuk Allah.

Ya, Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah pada bulan Ramadhan Al Qur’an diturunkan. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam QS. Al Baqarah ayat ke 185, yang artinya kurang lebih

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Dalam tafsirnya Ibnu Katsir disebutkan bahwa dengan ayat inilah Allah memuliakan Ramadhan dibandingkan bulan yang lain.

Selain itu, keterkaitan Ramadhan dan al-Quran juga ditunjukkan dengan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah. Setiap bulan Ramadhan Rasulullah memperdengarkan bacaan al-Quran di hadapan Malaikat Jibril. Bahkan di tahun wafatnya, beliau memperdengarkan bacaannya dua kali. Para sahabat dan salafush saleh pun tidak ketinggalan dalam semangat ber al-Quran. Ustman bin Affan pernah menghkhatamkan al-Quran dalam satu raka’at sholat malam!

Inilah ruh al-Quran.Menurut Sayyid Quthb, al-Quran selayaknya menjadi ruh. Ruh yang mengerakkan, mempertahankan kehidupan dalam hati, bahkan di alam sebenarnya.

Keutamaan bulan Ramadhan ini hanya akan dirasakan dan didapatkan oleh siapa saja yang serius menghidupkan bulan Ramadhan dengan sholat, membaca Al Qur’an dan berbagai ibadah lain yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Safari Ramadhan bersama Imam dari negeri yang diberkahi, yakni negeri Palestina adalah sebuah program yang diupayakan oleh Syam Organizer untuk menghidupkan bulan Ramadhan. Harapannya, selain mengisi Ramadhan dengan mendengar lantunan ayat-ayat Allah juga dapat berbagi kabar tentang saudara-saudara kita di negeri Syam.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*