Semarang For Aleppo

img-20161218-wa0036

Di pagi yang cerah itu, Minggu (18/11) belasan anak muda yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kemanusiaan (GMPK) bekerjasama dengan Syam Organuzer Semarang melaksanakan aksi Solidaritas Peduli Muslim Aleppo di CFD (Car Free Day) Simpang lima. Mereka menembus dinginnya pagi untuk membawa sebuah misi kemanusiaan.

Tepat di Jalan Pahlawan yang terletak di jantung kota Semarang, mereka mempersiapkan segala sesuatu untuk aksi kemanusiaan, ada teatrikal, pameran foto, kampanye dan penggalangan dana serta doa untuk Aleppo.

Mereka ingin mengajak seluruh warga kota untuk peduli, berempati dan berkontribusi untuk saudaranya yang tertimpa bencana kemanusiaan terbesar abad ini di Aleppo – Suriah.

Matahari semakin meninggi, cahayanya semakin terang. Ada sebuah kejutan dari pengunjung, tanpa di duga banyak dari pengunjung CFD tersebut yang menawarkan diri untuk menjadi relawan menyuarakan kemanusiaan. Dan akhirnya mereka berbaur bersama anak muda ini untuk turut menyampaikan berita duka dari Aleppo.

Ada suatu hal yang berkesan dari mereka yaitu ketika ada seorang ibu paruh baya tiba-tiba datang memberikan sebuah kardus dan sebuah amplop berisi uang “Mbak, ini untuk Aleppo. Kalo berkenan minta poster Aleppo-nya supaya bisa saya sampaikan ke teman-teman saya yang lain.” Ketika akan di wawancarai lebih jauh, beliau sudah pergi berlalu entah kemana.

Menurut koordinator GMPK, Aris Febriyanto gerakan ini diinisiasi karena melihat pembantaian tak berperikemanusiaan terjadi di Suriah, dirinya dan rekan-rekan akan selalu menyuarakan pesan kemanusiaan terkhusus di Kota Semarang.

Banyaknya warga yang antusias mengikuti acara ini menunjukkan bahwa warga Semarang merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang tidak rela penjajahan terhadap HAM terjadi di muka bumi.

img-20161218-wa0035 img-20161219-wa0006

Rep.: Ahan
Ed: Ar70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*