Serangan Bom Beruntun Guncang 4 Masjid Sunni di Irak, 12 Terbunuh dan 49 Luka-luka

Bagdad – (Syamorganizer.com) – Setidaknya 12 orang terbunuh dan 49 lainnya luka-luka dalam empat serangan bom beruntun yang menargetkan empat masjid Sunni di Irak pada Selasa malam (23/7/2013). Serangan tersebut terjadi diwaktu bersamaan, sebagaimana dilaporkan sejumlah sumber keamanan dan medis.
“Dua bom menargetkan masjid Umar bin Abdul Aziz dan Shalihin yang keduanya masjid Sunni di selatan Kirkuk (240 km utara Bagdad) meledak pada 22.00 waktu setempat” kata sebuah sumber keamanan senior Irak kepada kantro berita AFP.
Direktur pusat kesehatan Kirkuz, Shobah Amin, menambahkan kepada AFP, tujuh orang terbunuh dan 31 lainnya luka-luka dalam kedua ledakan tersebut. Ledakan itu juga meluluh-lantakkan masjid.
Di kota Kut (160 km selatan Baghdad), sebuah mobil yang berisi bom meledak di dekat masjid Sunni Imam Ali dan membunuh dua orang serta melukai 7 lainnya, sebagaimana punuturan sumber keamanan dan medis setempat.
Bom terakhir menargetkan masjid Sunni Ahmad Mukhtar di distrik Daurah, selatan Baghdad. Serangan dengan menggunakan dua bom tersebut mengakibatkan tiga orang terbunuh dan sembilan lainnya luka-luka, sebagaimana disebutkan sumber medis resmi.
Aksi kekerasan belakangan ini meningkat di sejumlah wilayah di Irak. Ketegangan tersebut terjadi antara Ahlu Sunnah dan pengikut Syi’ah yang didukung pemerintah. Menurut data PBB, setidaknya sudah 2.500 orang tewas selama tiga bulan terakhir ini. Bahkan, 630 di antaranya tewas sejak awal bulan ini. [hunef/kiblat.net]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*