Sosial Media Senjata utama Syam EO Riau untuk Sosialisasi Kepedulian Suriah

Pekanbaru – syamorganizer.com –  Perkembangan Teknologi yang dibarengi dengan kemudahan akses internet terutama di Indonesia telah berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Sarana dan wadah untuk terhubung ke media di atas kian hari kian mudah didapatkan misalnya, ponsel, laptop, wifi dan lain-lain. Minat Masyarakat Indonesia dalam pemanfaatan media ini semakin besar, bahkan tidak terbatas umur dan status ekonomi. Setiap orang bisa mengaksesnya dimanapun ia berada.
Salah satu akses yang sedang digandrungi oleh setiap orang saat ini adalah jejaring sosial yang meliputi Facebook, Twitter, email, whatsaap, Black Berry Masenger, kakao talk, wechat, dan lain sebagainya. Pemanfaatannya juga bervariatif, ada yang memanfaatkannya dalan bentuk yang positif dakwah misalnya, ada juga yang memanfaatkannya untuk hal yang negatif sepertu mengumbar-umbar aurat, media penyalur syahwat, bahkan sampai penipuan dan kejahatan ada di dalamnya.
Syam Organizer Riau yang bermarkaz di Jl. Tertatai no. 220 yang telah berdiri lebih dari setahun ini, melihat sebuah peluang yang besar dalam berdakwah. Sosial media akan menjado sarana penunjang untulmenyadarkan umat yang terlena dengan urusan pribadi masing-masing sehingga melupakan saudara-saudaranya seiman dan seislam baik yang ada di Indonesia ataupun yang ada di belahan bumi lainnya dengan media yang kami sebitkan di atas.
“Media-media ini jika tidak dipergunakan untuk hal yang positif akan sangat besar dampak negatifnya, sehingga kita harus bisa meng-counternya” ujar Ust. Roni Chandra bagian humas Syam Riau dalam salah satu wawancara kami dengan beliau di kantor sekretariat syam riau.
Beliau juga menuturkan, kemajuan yang diraih Syam Riau hingga sukses mengadakan Roadshow dan acara-acara penting lainnya baik di provinsi Riau sendiri hingga menginjakkan kakinya sampai di Negri Jiran Malaysia tak lepas dari peran yang dimainkan Syam Riau di Jejaring Sosial hingga menggugah simpati para pengguna jejaring sosial ini untuk ikut simpati dan empati serta membantu suksesnya acara-acara yang diadakan.
Sebut saja salah satu jejaring sosial yang tersolid dipergunakan Syam Riau dalam sosialisasi kegiatan syam yaitu Facebook. Melalui akun facebooknya “Riau Peduli Umat” Syam Riau sukses menyentuh hati sebagian pengguna facebook dengan posting-posting dan foto serta video  yang menggambarkan penderitaan muslim suriah sehingga tak sedikit yang tergugah dan menyalurkan bantuan langsung ke Syam Riau untuk disalurkan ke muslim Suriah. Bahkan salah seorang tkw yang bekerja di taiwan rutin menyumbangkan hartanya untuk muslim Suriah melalui perantara Syam Riau yang ia ketahui melaui jejaring Facebook ini. Syam Riau juga sukses membuat beberapa fanspage, dan rutin mengirim broadcast melalui blackberry masenger tentang berita suriah ke lebih dari 3000 pengguna blackberry.

Disamping media Online, Syam Riau juga rutin mengeluarkan buletin jum’atan yang dibagikan secara gratis di beberapa masjid di provinsi Riau yang berisikan berita kaum muslimin Suriah. Bahkan beberapa kali Syam Riau diundang untuk mengisi jum’atan di beberapa masjid tersebut untuk menceritkan kejadian yang menimpa muslim suriah dengan sebenarnya.
Semoga apa yang diupayakan Syam Riau untuk berkembangnya dakwah islam wal muslimin ini mendapat pahala yang besar di sisi Allah dan bisa menjadi contoh yang baik bagi kaum muslimin lainnya.

Kontributor: Syam Organizer Riau

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*