Syam Organizer, Ajak Umat Islam Menjadikan Ramadhan Lebih Bermakna

konferensi pers

Yogyakarta, Syamorganizer.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam. Tanpa terkecuali, semua menantikan dan menyambut kedatangan bulan Ramadhan, mulai dari mereka yang disebut kalangan grass root sampai kelas atas bahkan figur publik. Dari kalangan artis sampai para buruh. Dengan suka cita dan penuh harap mereka persiapkan segalanya untuk menyambut Ramadhan.

Kesadaran akan keutamaan bulan Ramadhan ini membuat orang berlomba-lomba mengisi bulan Ramadhan dengan aktivitas ibadah pendulang pahala. Syam Organizer sebagai lembaga kemanusiaan yang selama ini fokus pada kondisi umat Islam di bumi Syam khususnya Palestina dan Suriah mengajak umat Islam mewarnai Ramadhan agar lebih bermakna.

Safari Ramadhan #2 akan digelar di 64 kota di Indonesia, yaitu Banda Aceh, Lhokseumawe, Biereun, Medan, Binjai, Kisaran, Batubara, Pekanbaru, Kampar, Perawang, Siak, Batam, Payakumbuh, Bukitinggi, Bandar Lampung, Metro Lampung, Serang, Cilegon, Jakarta, Bekasi, Bogor, Cikarang, Karawang, Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Cilacap, Kebumen, Comal, Pekalongan, Semarang, Purwodadi, Solo Baru, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Yogyakarta, Grabag, Secang, Mertoyudan, Temanggung, Pati, Rembang, Surabaya, Sidoarjo, Bima, Dompu, Mataram, Denpasar, Luhu, Masohi, Ambon, Makassar, Kendari, Palu, Poso, Ampana, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Sangatta, Singkawang, Pontianak.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Tahun 1437 H ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan event tersebut. Empat Syeikh didatangkan dalam Safari Ramadhan 1437 H ini. Keempat Syeikh tersebut adalah:

  1. ABDULRAHMAN K.M. ALHALABI
  2. AHMAD SHARIF MOHAMMAD MINWER
  3. HUSAM TAHER MOHAMMAD ELZOGHEIR
  4. IMAD A. MUQAT

“Kami mempunyai keinginan menjadikan Ramadhan 1437 H ini lebih bermakna, bermakna dari sisi nilai-nilai ibadah yang dilaksanakan. Bermakna dari sisi membangkitkan kesadaran ukhuwwah islamiyah, dan bermakna dalam arti menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan peduli. Karenanya, tema yang kamiangkat adalah Ramadhan Bermakna Bersama Imam-imam Palestina”, demikian jelas Saiful Anwar, Direktur Syam Organizer.

Sebagaimana tahun lalu, event Safari Ramadhan bersama Imam-imam Palestina ini berlangsung ketika di Bumi Syam, sebuah wilayah di muka bumi ini yang mendapat keutamaan dari Allah dan Rasul-Nya, sedang dilanda tragedi kemanusiaan. Derita di bumi Palestina dan Suriah sampai hari ini belum terdengar kabar akan berakhir. Bahkan di Suriah beban kemanusiaan ini akan lebih terasa karena adanya pembombardiran dan pemblokadean yang terus dilakukan. Karenanya, kalau salah satu fungsi dari ibadah puasa ini adalah membangkitkan sisi-sisi kemanusiaan,

Syam Organizer mengajak dan berharap dengan adanya event Safari Ramadhan 1437 H ini menjadi moment bersejarah bagi setiap umat Islam khususnya di Indonesia dalam merealisasikan hakikat ukhuwah Islamiyyah yakni dengan cara mendonasikan sebagian rizki yang telah Allah berikan untuk mengurangi beban derita kaum muslimin di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah.

“Kami yakin bahwa rasa ukhuwwah itu masih ada dalam setiap dada kaum muslimin. Hanya karena ketidaktahuan akan kondisi sebenarnya yang terjadi di Bumi Syam, membuat kaum muslimin seolah tidak mau peduli”, jelas Direktur Syam Organizer. “Karena itulah sengaja kami datangkan para syaikh dari Bumi Syam agar mereka dapat berbicara dan memberi penjelasan langsung kepada umat Islam di Indonesia tentang apa yang sebenarnya terjadi di sana”, tambahnya.

“Tentu saja penjelasan yang disampaikan para imam dari Bumi Syam tersebut diharapkan dapat memberi jawaban sekaligus bantahan terhadap isu yang selama ini beredar di masyarakat lewat media baik cetak maupun elektronik juga  media online bahwa berbicara masalah Bumi Syam sama halnya berbicara masalah teroris”, tegasnya.

Akhirnya, langkah kecil dari kerja besar yang dibutuhkan ini semoga dapat menginspirasi lebih banyak umat Islam untuk senantiasa memikirkan saudaranya yang ada di Bumi Syam, Palestina dan Suriah. Tentu langkah kecil ini akan terhenti jika tidak ada bantuan dan dukungan dari umat Islam di Indonesia. Satu keyakinan yang harus tertanam dalam hati setiap umat Islam adalah siapa yang membantu saudaranya saat ia membutuhkan, Allah akan menolongnya di saat dia benar-benar membutuhkan pertolongan. Wallahu musta’an.

Bagi siapa saja yang ingin mendonasikan sebagian riskinya untuk meringankan beban kemanusiaan di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah dapat melalui no Rekening berikut:

Untuk donasi Palestina
Bank Mandiri nomer rekening 1370011025976
a.n Yayasan Amal Syam Abadi

Untuk donasi Suriah
Bank Syariah Mandiri, nomer rekening 7068692088
a.n Yayasan Amal Syam Abadi

Konfirmasi transfer ke +62 878 3959 0200
Dengan format : nama/asal kota/jumlah donasi/ifthar palestina/ifthar suriah/tanggal & jam transfer
Contoh: usamah/Jogja/7.000.000/Suriah/11Mei/07.00wib

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*