Syam Organizer Luncurkan Program “Membantu Negeri Syam di Musim Dingin”

side-bar

Menghadapi musim dingin 2016 yang sebentar lagi akan tiba, Syam Organizer telah meluncurkan program “Membantu Negeri Syam di Musim Dingin”. Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, Kedatangan musim dingin setiap tahunya selalu menjadi prioritas Syam Organizer sebagai lembaga kemanusiaan di Indonesia yang fokus menggalang bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Suriah ini.

Dalam program yang diresmikan pada Sabtu, 1 Oktober 2016 itu Syam Organizer mengajak umat Islam di Indonesia untuk perduli terhadap keadaan Saudaranya di Palestina dan Suriah. Khususnya mereka yang menjadi korban peperangan yang saat ini mengungsi di tenda-tenda pengungsian.

Selain kebutuhan pokok, yang menjadi prioritas bagi pengungsi Palestina dan Suriah saat ini adalah mesin penghangat ruangan, jaket dan selimut tebal. Mengingat kondisi yang sangat dingin akan terjadi selama musim dingin beebrapa bulan ke depan.

Data Pusat Statistik Palestina menyebutkan, saat ini lebih dari 4,1 Juta warga Palestina terpaksa harus meninggalkan kampung halamanya dan mengungsi di beberapa Negara tetangga.

Sementara itu, sekitar 29 persen dari jumlah pengungsi harus tinggal di kamp-kamp pengungsian yang sangat terbatas fasilitasnya. Dari 29 persen itu, mereka tinggal di 58 kamp; 19 kamp berada di Palestina sendiri yaitu di Tepi Barat dan 8 kamp di Jalur Gaza. Semntara di Negara tetangga tercatat 10 kamp berada di Yordania, 9 kamp di Suriah, 12 kamp di Lebanon.

Untuk Suriah, UNHCR merilis pernyataan sebagaimana dilansir antaranews, Jumlah pengungsi Suriah saat ini diperkirakan menjapai sekitar 4,2 Juta. Sekitar 1,8 juta ditampung di Turki, sedangkan  1,17 juta mencari perlindungan di Lebanon. Jumlah itu setara dengan seperempat total populasi negara penampung.

Sementara itu Yordania menjadi tuan rumah bagi 629.000 pengungsi Suriah, di Irak sebanyak 250.000, Mesir sebesar 132.500, dan 24.000 lainnya melarikan diri ke negara Afrika Utara lain, demikian data terbaru UNHCR. Selain itu, di suriah sendiri kamp-kamp pengungsian terpusat di wilayah Idlib dan beberapa wilayah berbatasan dengan Turki.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*