Timnas Suriah Tolak Spanduk “Save Children of Syria” di GBK

IMG-20141115-WA0026

“Mas tolong ya spanduknya diturunkan, karena kalau masih ada spanduk ini Tim Suriah gak mau main,” demikian dikakatakan koordinator PPK, Ahmad Suroso menirukan suara petugas keamanan GBK. Spanduk sepanjang 30 meter bertuliskan “Dari Indonesia Selamatkan Anak Suriah. #Save The Children of Syria” dibentangkan oleh belasan massa yang mengatasnamakan Pemuda Peduli Kemanusiaan (PPK) menjelang pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Suriah di Stadion Gelora Bung Karno, sore tadi (15/11)

Aksi yang dilakukan PPK ini mendapat tanggapan dari para penonton. Mereka bahkan melepas spanduk milik mereka yang dipasang sebelumnya dan ikut membantu memasangkan spanduk kemanusiaan tersebut. Spanduk dengan pesan kemanusiaan itu memancing perhatian penonton yang hadir. Sebagian di antara mereka ikut mengabadikan gambarnya.

Sayang, tak lama kemudian panitia mengumumkan melalui pengeras suara bahwa kedua spanduk itu harus dicopot. Salah seorang pihak keamanan mendatangi koordinator aksi (PPK) dan meminta spanduk itu diturunkan, sementara satu spanduk lainnya disita oleh petugas.

“Sepakbola memang tak boleh dicampuri urusan politik, namun jika ada tragedi kemanusiaan sudah lazim para pemain sepakbola boleh menyuarakan kepeduliannya. Contohnya saat gempa atau bencana lainnya… pemain biasanya memakai ban hitam di bahunya.” jelas Ahmad Suroso “Bahkan di Liga Italia pun sempat terpampang spanduk dukungan untuk Palestina,” imbuhnya.

01
Selanjutnya ia menjelaskan bahwa spanduk ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa di Suriah ada tragedi kemanusiaan. Spanduk itu sengaja dipasang di GBK agar pesan ini sampai kedua belah pihak baik masyarakat Indonesia maupun Suriah, bahwa masih ada yang peduli kepada tragedi kemanusiaan, yang oleh PBB disebut sebagai, paling buruk di dunia itu.[Fajar Shadiq]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*