Tokoh Muhammadiyah Himbau Jamaah Terus Bantu Suriah

Tokoh Muhammadiyah Syam Menangis Madaya Menjerit

Palu, Syamorganizer.com – Pada pelaksanaan Tabligh Akbar serentak 26 Kota bertajuk Syam Menangis Madaya Menjerit, di Kota Palu, Ahad (14/2) Tokoh Muda Muhammadiyah Mustafa Nahrawardaya menghimbau jamaah untuk tidak takut mememberikan bantuan bagi masyarakat Suriah yang kerap mengundang syakwasangka di masyarakat.

“Jangan mau ditakut-takuti lagi. Negara-negara non muslim juga bila saling membantu toh tidak pernah kita curigai, biasa-biasa saja,” terang Mustofa.

Ia mengatakan, ketakutan atau sikap enggan membantu masyarakat Suriah, akan berdampak tidak baik bagi warga yang tertimpa musibah, seperti halnya Suriah. “Kita enggan membantu mereka, sementara Rusia tidak berhenti menyerang mereka,” tegas tokoh muda Muhammadiyah ini.

Mustofa juga mengatakan, tudingan kepada NGO (non-government organization) kemanusiaan apalagi NGO Islam, kerap dianggap tidak memiliki empati pada warga terdekat, diajak untuk lebih peduli pada warga terdekat ketimbang masyarakat luar negeri di tempat yang lebih jauh.

Menjawab tudingan-tudingan semacam itu, Mustofa mengatakan, Indonesia tidak boleh lupa bahwa banyak andil masyarakat luar, pada negeri ini saat masyarakat Indonesia juga ditimpa bencana.

“Ingat, saat musibah tsunami dahulu kita juga pernah dibantu negara-negara luar. Kita tidak bilang, nggak usah dibantu mas, bantu wargamu yang lebih dekat saja,” tegasnya.

Baginya, klaim-klaim seperti itu terkesan aneh dan berstandar ganda. “Kalau kita lagi butuh, kita tidak pernah teriak, bantu yang lebih dekat saja, tak perlu bantu yang jauh-jauh. Tapi giliran kita membantu saudara-saudara kita di sebrang sana, eh… ada suara-suara yang sok bijak sesumbar mengatakan lebih baik membantu yang lebih dekat dari pada yang lebih jauh,” tuturnya

Kehadiran Mustofa Nahrawardaya disambut antusias masyarakat serta aktivis Kota Palu. Pengamat Dunia Islam yang kerap menjadi narasumber televisi itu, juga sempat didaulat mengisi beberapa kajian di Kota Kaledo (af/syamorganizer.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*