Ukhuwwah Terkuat Terikat oleh Akidah

IMG_20160607_202259

Pati, Syamorganizer.com –  Dalam perjalanan ke dua setelah Purwodadi, Syeikh Abdurrahman Al Halabi bersama team Syam Organizer cabang Purwodadi singgah di kota Pati untuk melanjutkan agenda Safari Ramadhan 1437 Hijriyah. Ba’da shalat ashar agenda kajian jelang berbuka dan ifthor bersama, yang dilaksanakan di masjid At Taqwa Pati nampak begitu semarak. Sekitar 400 jama’ah kaum muslimin dan muslimah memadati masjid At Taqwa dengan penuh suka cita.

Syeikh Abdurrahman Al Halabi mengingatkan kepada kaum muslimin tentang negeri Palestina dan pentingnya kaum muslimin untuk peduli dan selalu memikirkan nasib kaum muslimin di negeri Palestina. Karena secara khusus Allah taala menyebutkan negeri Palestina yang mulia ini seperti yang Allah firmankan di dalam surat Al Isra pada ayat pertama.

“Maha suci Allah yang telah memperjalankan hambanya pada suatu malam darri Al masjidil Haram ke masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda kebesaran kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar dan Maha mengetahui”.

Kaum muslimin di palestina hari ini sedang berjuang dengan harta dan nyawa mereka menghadapai penjajahan salibis dan yahudi, bahkan para ulama telah berfatwa untuk berjihad di bumi Palestina dan menyeru kepada para aghniya’ untuk menginfakkan hartanya demi menyokong jihad di Palestina. Sebagaimana pendahulu mereka yang telah mengorbankan harta dan nyawa mereka dalam mempertahankan bumi Palestina bumi yg Allah muliakan dan berkahi.

Beliau mengingatkan bahwa persaudaraan atas dasar iman yang sesungguhnya tidak pernah dibatasi oleh apapun. Penderitaan kaum muslimin di belahan bumi lain dimanapun, khususnya bumi Palestina adalah penderitaan umat muslim sedunia. Karenanya, luka yang dirasakan oleh umat Islam di bumi Syam sepatutnya terasakan juga oleh yang lain.

Sebelum mengakhiri tausiyah Syeikh Abdurrahman Al Halabi pun mengucapkan syukur kepada Allah atas kesempatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada kaum muslimin yang hadir dan beliau menambahkan nasehat terkhusus kepada para jama’ah agar Ramadhan yang penuh berkah ini semoga menjadi momentum pembuktian iman sebagai saudara seiman dan se akidah untuk turut serta selalu terlibat dengan segala cara dan upaya yang kita miliki baik dengan harta dan jiwa kita atau pun dengan do’a – do’a kita demi mempertahankan dan menyelamatkan bumi Syam yang diberkahi itu agar kembali ke pangkuan umat Islam dan semoga Allah memenangkan saudara – saudara kita yang berjihad dan memberikannya kesabaran dan kemenangan di sisi Allah.

Diakhir tausiyah beliau syeikh Abdurrahman berkesempatan memberikan kenang – kenangan berupa syal kepada sesepuh masjid dan selanjutnya beliaupun mendapatkan kejutan secara simbolis oleh bapak Djatmiko selaku sesepuh masjid At Taqwa dengan memberikan songkok kesayangan beliau sebagai bentuk kecintaan antara muslim di Indonesia dengan Palestina. Ending yang membuat jama’ah yang hadir pun terharu menyaksikan kesempatan menarik itu. Meski tampak lucu syeikh menggunakan songkok khas itu namun syeikh senang dengan pemberian itu dan akan menggunakan songkok itu selama di Indonesia, ungkap beliau yang diterjemahkan oleh ustadz Sigit
Rep.: suman3
Ed.: Ar70

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*