Warga Gaza Mulai Mengalami Krisis Air Bersih

IMG_5434

Warga Gaza Antri Air Bersih

 

Gaza, Syamorganizer.com – Warga Gaza mengeluh karena air minum mulai langka. Kondisi ini erat kaitannya dengan krisis listrik di Gaza yang dimulai sejak pertengahan bulan Juli 2015. Sejak awal bulan Juli 2015, pihak Israel mulai mengurangi pasokan listrik ke wilayah Gaza, sedangkan pusat distribusi listrik di Gaza tidak mampu mendistribusikan listrik. Bahkan, pusat distribusi listrik di Gaza kini masih proses renovasi karena menjadi sasaran roket pada agresi Israel di akhir tahun 2014.

“Insya Allah, kami mengetuk hati teman-teman untuk memberikan donasi. Donasi tersebut akan kami manfaatkan untuk menyewa truk tangki air dan donasinya kami manfaatkan untuk membeli air bersih layak dan siap konsumsi”, demikian kata Abdillah Onim, relawan kemanusiaan untuk Palestina yang menetap di Gaza. Lebih lanjut Abdillah Onim menjelaskan bahwa program Bantuan Distribusi Air Siap Konsumsi akan dilaksanakan selama 8 hari dengan kebutuhan 3 mobil truk tangki dengan kapasitas 4000 liter dan 6000 liter.
Direncakana alur distribusi sebanyak 420 kali bolak balik untuk distribusi ke masing-masing wilayah. Total air yang didistribusikan sebanyak 150.000 liter (2.535 Kub). Jika dikalkulasi dana yang dibutuhkan untuk program Bantuan Distribusi Air Siap Konsumsi sebesar Rp.200,000,000,- Diharapkan distribusi air bersih tersebut dapat menjangkau 8000 kepala keluarga.

“Tentu sangat bermanfaat bagi warga Gaza”, kata Onim “Semoga ada LSM dari Indonesia yang bersedia mengadakan program penyulingan Air siap konsumsi (Water Treatment)”, tambahnya. (Abdillah Onim)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*